alexametrics

Tak Disangka, 10 Hal Receh Ini Ternyata Kuncinya Rambut Sehat Berkilau

Rima Sekarani Imamun Nissa
Tak Disangka, 10 Hal Receh Ini Ternyata Kuncinya Rambut Sehat Berkilau
Ilustrasi rambut panjang. (Pexels/Gabriel Antonio)

Ingin punya rambut sehat berkilau? Berikut beberapa hal remeh tapi penting tentang menjaga kesehatan rambut.

Suara.com - Tak seperti urusan perawatan wajah, perawatan rambut seringkali masih dipandang sebelah mata. Padahal, siapa yang tidak suka punya rambut sehat berkilau?

Merangkum Yukepo.com—jaringan Suara.com, berikut beberapa hal remeh yang ternyata penting untuk menjaga kesehatan rambut.

Jangan tidur saat rambut masih basah

Kebiasaan ini bisa merusak rambut. Selain memicu sakit kepala, tidur dengan kondisi rambut basah akan mempercepat pertumbuhan mikroorganisme sehingga bisa menyebabkan infeksi kulit kepala. Dampaknya adalah rambut rontok.

Baca Juga: 7 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Mengatasi Jerawat dan Penuaan Diri

Ilustrasi keramas (Pixabay/jackmac34)ff
Ilustrasi keramas (Pixabay/jackmac34)ff

Jangan keseringan keramas

Angka pH rambut idealnya antara 4.5-5. Terlalu sering keramas menggunakan produk sampo yang kaya akan bahan kimia bisa membuat pH rambut kacau dan membuatnya menjadi rapuh, lalu rusak.

Ketahui kandungan produk perawatan rambut andalanmu

Ini mungkin masih dianggap sepela, tapi nyatanya penting mencegah masalah rambut, mulai dari rambut kering hingga berketombe.

Pilih sisir sesuai dengan kebutuhan rambut

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok, Bahannya Ada di Supermarket

Rambut juga butuh sisir yang tepat. Jika salah pilih, bukan tak mungkin akar rambut rapuh sehingga gampang rontok dan ketombean. Misalnya, rambut keriting lebih cocok dengan sisir yang lembut dan elastis untuk mencegah masalah rambut rontok.

Pijat lembut kulit kepala

Memijat lembut kulit kepala saat rambut dalam keadaan tidak basah bisa melancarkan sirkulasi darah. Hal ini akan memengaruhi pertumbuhan rambut, termasuk mencegah rambut rontok. Manfaat lainnya adalah memperkuat akar rambut.

Jangan pakai minyak rambut saat rambut masih basah

Efek negatifnya adalah kulit kepala kering. Seperti mencampur minyak dan air, keduanya tidak dapat bersatu sehingga malah akan membebani kulit kepalamu.

Menyisir rambut sebelum keramas

Kenapa rambut sebaiknya tampak rapi dan tidak kusut sebelum keramas? Hal tersebut bakal memudahkan Anda saat mengusap rambut selama keramas. Ini juga mencegah adanya rambut kusut untuk tertarik. Dengan begitu, akar rambut akan tetap kuat dan mencegah kerontokan.

Jangan semprotkan parfum ke arah rambut

Produk untuk kulir dan rambut tak bisa disamakan. Parfum mengandung konsentrasi tinggi yang tidak baik jika sering terkena rambut. Efeknya bisa memicu rambut kering, kusut, hingga rusak berat.

Jangan keseringan keramas pakai air hangat

Kulit kepala yang sering terkena air hangat maupun panas lama kelamaan akan kering. Rambut pun akan jadi kering dan kusut. Bukannya rambut sehat berkilau yang didapat, tapi malah kusam.

Rajin membersihkan sisir rambut

Bagaimana pun, rambut bisa memiliki banyak kotoran dan debu. Jika sisir jarang dibersihkan, bersiaplah dengan sederet ancaman penyakit kulit kepala dan rambut rusak.

Komentar