alexametrics

Ingin Cepat Mahir Bahasa Jepang? Yuk, Coba 4 Cara Ampuh Ini!

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ingin Cepat Mahir Bahasa Jepang? Yuk, Coba 4 Cara Ampuh Ini!
Ilustrasi: Perempuan Jepang. (Shutterstock)

Bagaimana caranya agar cepat mahir bahasa Jepang? Simak solusinya berikut ini.

Suara.com - Apakah kamu termasuk orang yang berencana belajar bahasa Jepang? Benarkah bahasa Jepang itu sangat sulit dipelajari?

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi, telah meresmikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Nagoya. PKBM nantinya akan mencakup pendidikan dasar dan menengah. Selain itu, menjadi pusat tutorial bagi pendidikan jarak jauh

"Bagi Pemerintah Indonesia, pendidikan sangat penting. Maka, anggaran pendidikan termasuk yang dialokasikan tinggi pada belanja negara. KBRI Tokyo akan terus berupaya agar layanan pendidikan masyarakat di seluruh Jepang terpenuhi,” ucap Heri Akhmadi, seperti yang dikutip dari kemdikbud.go.id, belum lama ini.

"Salah satu target pendirian PKBM adalah untuk memperluas jangkauan pelayanan dengan menjadi pusat pendidikan agama dan kebangsaan. KBRI Tokyo ingin memastikan bahwa anak-anak Indonesia patuh pada agamanya masing-masing, dan paham pengetahuan dasar negara Pancasila serta bahasa nasional mereka, Bahasa Indonesia," lanjutnya.

Baca Juga: Mahasiswa Jepang Bawa Pulang Oleh-oleh Gehu dan Molen Usai Belajar Budaya Sunda

Ilustrasi wanita Jepang (Pixabay/sasint)
Ilustrasi wanita Jepang (Pixabay/sasint)

Menurut beberapa survei, minat orang Indonesia menjalankan studi, bekerja maupun tinggal di Jepang sangat tinggi. Namun untuk melanjutkan studi maupun bekerja di Jepang, memerlukan kecakapan berbahasa Jepang. Bahkan ada sejumlah tes yang harus dijalani untuk menunjukkan kemahiran berbahasa Jepang.

Nah, apa benar belajar bahasa Jepang itu susah dan butuh waktu bertahun-tahun? Lalu, bagaimana supaya mahir berbahasa Jepang dengan cepat? Yuk, simak tips-tips berikut ini:

1. Belajar dari menonton film

Nah, saat menonton film, coba ubah teks subtitle-nya. Jika kalian menonton film Jepang, coba kalian tambah teks subtitle bahasa Indonesia. Fungsinya untuk apa? Saat menonton film, kalian bisa sambil mendengarkan dan membaca teks subtitle. Penggabungan dua keterampilan itu dapat membantu kalian menerjemahkan kata per kata.

Kalian juga bisa mendengarkan podcast dalam bahasa Jepang. Hal ini membantu kalian terbiasa mendengarkan kosa kata dalam bahasa Jepang.

Baca Juga: Ada Yuki Kato, 4 Artis Indonesia Ini Jago Bahasa Jepang Lho

2. Dengarkan lagu dalam bahasa Jepang

Siapa yang tidak suka mendengarkan lagu? Di zaman teknologi yang sudah maju ini, kalian bisa mendengarkan lagu kapan dan di mana pun hanya lewat aplikasi musik.

Kalian dapat mendengarkan sambil mencari lirik lagu di browser kamu. Sambil mendengarkan, kamu pahami liriknya. Hal ini membantu kamu untuk memperkaya vocabulary Bahasa Jepang.

Bunga sakura. (Shutterstock)

3. Cari teman berbicara

Gunakan hobi kalian untuk berinteraksi dengan orang-orang yang pandai berbahasa Jepang di media sosial. Jika kalian senang bermain games, bergabunglah dengan forum yang berisi orang yang menggunakan bahasa Jepang.

Selain itu, kamu bisa coba mulai berbicara menggunakan bahasa Jepang dengan keluarga atau teman-teman dekatmu. Meskipun belum fasih, kamu tidak perlu khawatir. Semakin sering kamu berlatih, maka perlahan kamu akan mulai terbiasa dan lancar berbicara menggunakan bahasa Jepang.

4. Ikuti kursus bahasa Jepang

Jika butuh bantuan memulai belajar bahasa Jepang, kalian juga bisa mengikuti kursus. Salah satunya di PT Lister Teknologi Edukasi melalui program Kursus Bahasa Jepang. Program ini akan membantu kalian belajar bahasa Jepang dengan kurikulum yang memuat pembelajaran level dasar hingga level mahir.

Program ini membantu kalian mengerti tata bahasa, percakapan, kosa kata, dan menulis dalam bahasa Jepang yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Materi pembelajaran mencakup: 1) Ressun 1: Pengenalan Diri; 2) Ressun 2: Teman Baru; 3) Ressun 3: Meminta Petunjuk Arah; 4) Ressun 4: Makanan dan Minuman; 5) Ressun 5: Mengatur Waktu; 6) Ressun 6: Meminta Izin; 7) Ressun 7: Membuat Permintaan; 8) Ressun 8: Transportasi; 9) Ressun 9: Kesan; 10) Ressun 10: Rencana dan Aktivitas; 11) Ressun 11: Bersosialisasi; 12) Ressun 12: Undangan; 13) Ressun 13: Kenyamanan di Toko dan Restoran; dan 14) Ressun 14: Rencana Liburan Musim Dingin.

Kursus online ini akan disampaikan melalui aplikasi Zoom. Materi juga disampaikan oleh tutor-tutor bersertifikat pada saat pembelajaran melalui WhatsApp. Tutor akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi dan praktik secara langsung. Di akhir pembelajaran, akan diselenggarakan tes akhir oleh tutor yang bersangkutan.

Jika kamu ingin tahu latar belakang Kursus online ini, awalnya diinisiasi oleh CEO Lister, Sigit Arifianto, dengan nama Listerclub. Tujuan awalnya adalah menyediakan kesempatan pendidikan yang baik bagi semua orang. Kemudian pada Juni 2020, dilakukan rebranding menjadi PT Lister Teknologi Edukasi.

Hanya dalam beberapa bulan saja, Lister mampu menyediakan lebih dari 100 program, baik secara privat maupun untuk korporat. Sampai saat ini, telah ada lebih dari 5000 siswa, 500 tutor, dan 100 program di Lister.

Nah, itu beberapa tips ampuh yang bisa kalian praktikan sendiri. Jangan lupa untuk selalu banyak membaca, mendengarkan, dan berbicara dalam bahasa Jepang.

Komentar