alexametrics

5 Jenis Ikan Aquascape Terbaik untuk Para Aquaspacer

Rima Sekarani Imamun Nissa
5 Jenis Ikan Aquascape Terbaik untuk Para Aquaspacer
Pengrajin membersihkan Aquarium Landscape atau Aquascape di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (25/11). (Suara.com/Fakhri Hermansyah)

Berikut beberapa jenis ikan aquascape yang bisa mengisi akurium cantik di rumah.

Suara.com - Saat menanam aquascape, pengetahuan dan kesabaran menjadi modal utama. Agar tanaman akan berkembang dan parameter air tepat, menambahkan ikan aquascape penting untuk dipertimbangkan. Jangan sampai ikan terlalu besar, menghasilkan banyak limbah atau hanya suka makan atau merobek tanaman akuarium!

Dilansir dari Build Your Aquarium, simak beberapa jenis ikan aquascape terbaik sebelum melakukan aquascaping.

Jenis Ikan Aquascape Terbaik

Memilih ikan untuk akuarium aquascape tidak sesederhana memilih ikan lokal yang menarik perhatian. Ha yang penting dipertimbangkan adalah ukuran kecil dan sedang, sociability, dan memastikan tanaman aquascape aman dari perilaku ikan.

Baca Juga: Pembudidaya Ikan Kolam, Ini Solusi Agar Ikan Tidak Mati Mendadak

Calon pembeli melihat berbagai jenis aquascape yang dijual di Aquajaya, Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (22/11/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Calon pembeli melihat berbagai jenis aquascape yang dijual di Aquajaya, Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (22/11/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Berikut adalah beberapa jenis ikan aquascape favorit yang bisa dipilih:

Tetra

Tetra menduduki urutan teratas ikan aquascape terbaik karena kualitas dan perawatannya yang mudah. Kebanyakan tetra adalah karnivora, kecil, schooling, dan memiliki warna cerah. Sebagian besar tetra berasal dari Amerika Selatan dan spesies Afrika seperti Tetra Kongo (Phenacogrammus interruptus).

Spesies Neon tetras sangat fleksibel dan berpotensi berkembang baik. Adapun spesies tetra lainnya yang bisa dipilih seperti cardinal tetra, gold tetra, rummy nose tetra, dan serpae tetra.

Rasbora

Baca Juga: 6 Manfaat Konsumsi Ikan Secara Rutin, Baik untuk Jantung hingga Kesehatan Mental

Rasbora merupakan ikan kecil berkelompok yang memakan mangsa kecil. Spesies The Chili Rasbora (Boraras brigittae) sangat disukai oleh aquascaper black water (pH 4,0-5,5). Dengan panjang satu inci, mereka sempurna untuk hampir semua ukuran akuarium. Hal yang menarik perhatian rasbora adalah warna merah cerah dan suspensi aktif mereka.

Ketika ditempatkan di aquascapes yang ditanam dengan cahaya spektrum penuh, banyak penutup, dan substrat gelap, mereka mengambil nada merah dan ungu yang kaya. Ketika Rasboras jantan tampil untuk menarik perhatian betina, mereka menjadi lebih bersemangat!

Gurami

Gurami tersedia di hampir setiap toko akuarium. Sebagian besar spesiesnya juga datang dalam beberapa morf warna, dari Electric Blue Dwarf Gouramis hingga albino Honey Gurami. Chocolate Gourami yang disimpan dalam aquascape juga aman serta geraknya halus.

Gurami lebih menyukai suhu yang lebih hangat dan sedikit atau tidak ada arus. Perawatannya pun relatif mudah untuk dilakukan.

Dwarf Cichilds

Di antara Cichilds, Dwarf Chichilds sangat baik untuk aquascape! Apistogramma adalah genus Cichlids Dwarf Amerika Selatan yang rukun dengan semua ikan dan udang kecuali yang terkecil.

Cichlids Dwarf kadang-kadang menggali, terutama saat bersiap untuk bertelur. Namun mereka menjaga kebiasaan destruktif (merusak) mereka seminimal mungkin. Dengan ukuran rata-rata 2 hingga 3 inci, ikan aquascape ini mudah untuk dirawat!

Angelfish dan Discus

Angelfish dan Discus ditemukan di lingkungan blackwater di lembah Amazon di mana mereka melesat di antara akar pohon yang tergenang dan gulma air.

Keduanya memiliki mulut kecil untuk memeriksa invertebrata dan ikan kecil yang mencegah mereka menggali dan mencabik-cabik tanaman. Angelfish suka berkembang biak di dau Amazon Swords dan tanaman berdaun lebar lainnya.

Itulah beberapa jenis ikan aquascape terbaik dan bisa dijadikan pilihan untuk para aquascaping pemula.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar