alexametrics

7 Jus Penurun Darah Tinggi, Mudah Dicari dan Bisa Bikin Sendiri

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Jus Penurun Darah Tinggi, Mudah Dicari dan Bisa Bikin Sendiri
Jus semangka. (shutterstock)

Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa diolah menjadi jus penurun darah tinggi.

Suara.com - Salah satu cara yang banyak dipakai orang untuk membantu menurunkan darah tinggi adalah minum jus buah atau jus sayur tertentu. Nah, tahukah Anda apa saja jus penurun darah tinggi yang efektif?

Jus buah merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bentuknya yang cair tentu memberikan kemudahan bagi Anda saat mengkonsumsinya.

Seperti yang kita tahu, jus buah memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya sebagai penurun darah tinggi.

Pada kesempatan ini, kami akan mengulas tentang beberapa jus penurun darah tinggi yang mudah dicari. Mari simak!

Baca Juga: Benarkah Tekanan Darah Tinggi Terkait dengan Sakit Kepala atau Migrain? Ini Jawabannya

Ilustrasi hipertensi (Shutterstock)
Ilustrasi hipertensi (Shutterstock)

Jus Penurun Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi tak bisa diremehkan. Terlalu tinggi tekanan dalam darah dapat memicu terjadinya beberapa penyakit seperti jantung, stroke, bahkan kematian.

Maka dari itu, tekanan darah merupakan salah satu komponen tubuh yang memerlukan perhatian lebih. Untuk mencegahnya, ada beberapa jenis jus yang bisa dikonsumsi.

Mengutip berbagai sumber, terdapat beberapa jenis buah yang berkhasiat dalam menurunkan darah tinggi. Berikut adalah 7 jus penurun darah tinggi yang bisa dicoba:

Jus Tomat

Baca Juga: Hipertensi Memengaruhi Pria dan Wanita secara Berbeda, Siapa yang Lebih Berisiko?

Tomat dipercaya sebagai salah satu buah yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini dijelaskan melalui salah satu riset yang dipaparkan dalam Journal Food Science & Nutrition pada 2019.

Jus Delima

Perlu Anda ketahui bahwa selain kaya vitamin C dan folat, jus delima juga memiliki efek antiinflamasi yang sangat kuat. Efek inilah yang dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurut Jurnal Pharmacological Research pada 2017.

Jus Beri

Jus penurun darah tinggi selanjutnya adalah jus beri. Buah satu ini memiliki sifat antioksidan yang kuat. Untuk mengkonsumsinya, pastikan jus yang Anda minum tidak menggunakan gula tambahan.

Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Shutterstock)

Teh Hijau

Selain jus, teh hijau juga menjadi salah satu bahan dasar yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan darah tinggi. Beberapa penelitian dalam The British Journal of Nutrition di tahun 2014 memaparkan bahwa mengkomsumsi teh hijau secara rutin mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Jus Kiwi

Mengonsumsi satu porsi buah kiwi secara rutin mampu mengurangi tekanan darah. Jadi bagi Anda yang mengidap tekanan darah tinggi akut, buah satu ini sangat cocok sebagai obat. Hal ini dijelaskan dalam Medical News Today.

Jus Semangka

Selanjutnya adalah jus semangka. Kandungan citrulline ada semangka dapat membantu aliran darah yang ada di dalam tubuh menjadi normal. Senyawa citrulline yang terkandung di dalam semangka bekerja dengan cara memproduksi oksida nitrat yang dapat melemaskan dan mendorong tingkat fleksibilitas di bagian arteri.

Jus Sayuran Hijau

Kubis, sawi hijau, kale, selada, bayam, Swiss chard adalah sayur-sayuran hijau yang dipercaya ampuh sebagai penurun darah tinggi.

Demikian ulasan tentang beragam jus penurun darah tinggi yang mudah dicari. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda sekalian.

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Komentar