alexametrics

Takut Kenalan di Aplikasi Kencan? Lakukan 6 Cara Ini Agar Tetap Aman

Bimo Aria Fundrika
Takut Kenalan di Aplikasi Kencan? Lakukan 6 Cara Ini Agar Tetap Aman
Ilustrasi Kencan Online (Pexels/cottonbro)

Berikut ada beberapa cara untuk menjaga diri tetap aman saat menggunakan aplikasi kencan:

Suara.com - Banyak orang tertarik menggunakan aplikasi kencan dengan kepentingannya masing-masing. Sebagian  ada yang menggunakannya hanya sekedar penasaran atau mencari pasangan. Ada baiknya untuk tetap waspada saat menggunakan aplikasi kencan.

Niat awalnya hanya untuk berkenalan, malah mendatangkan masalah seperti penipuan, mutilasi dan lain sebagainya. Tapi bagaimana cara bisa menjamin keamanan ketika pemeriksaan latar belakang tidak diperlukan untuk menggunakannya?

Meskipun ada bagian yang berada di luar kendali, Anda harus tetap cerdas menggunakannya, berjaga diri dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pengalaman yang aman dan positif. Berikut ada beberapa cara untuk menjaga diri tetap aman saat menggunakan aplikasi kencan:

1. Strategi menggunakan foto

Baca Juga: So Sweet, Ayah Rela Nyetir Mobil 250 Km Demi Antar Anaknya Kencan Pertama

Ilustrasi Pria Kencan Online (Pexels/Michael Burrows)
Ilustrasi Pria Kencan Online (Pexels/Michael Burrows)

Hindari menggunakan foto profil yang sama dengan yang anda gunakan di akun sosial media lainnya. Jika anda menggunakan foto yang sama, siapapun di aplikasi yang melihat profil dapat dengan mudah melakukan pencarian dan menemukan foto anda disana.

2. Berhati-hatilah saat profil palsu

Anda harus berhati-hati dengan profil yang tidak memiliki foto, juga dengan akun yang hanya memiliki satu foto. Pastikan untuk memeriksa akun sosial media apa pun yang ditautkan ke profil aplikasi kencan untuk memastikan itu tidak palsu. Secara umum, semakin sedikit informasi yang dimiliki tentang orang lain, semakin anda curiga tentang bertemu dengannya atau berbagi lebih banyak informasi tentang diri sendiri ke orang lain.

3. Teliti orang tersebut secara online

Jika seseorang telah memberi tahu namanya, anda dapat melihat sosial media orang tersebut untuk memeriksanya dan memastikan bahwa itu benar orang yang nyata. Jika memungkinkan, cobalah untuk melihat apakah anda memiliki teman bersama dan tanyakan tentang orang tersebut sebelum bertemu dengannya.

Baca Juga: Viral Split Bill Saat Pergi dengan Lawan Jenis, Pakar Psikologi Angkat Bicara

4. Blokir atau laporkan profil yang mencurigakan

Komentar