facebook

Aturan Minum Kunyit untuk 5 Resep Menu Diet Harian Praktis dan Berkhasiat

Arendya Nariswari
Aturan Minum Kunyit untuk 5 Resep Menu Diet Harian Praktis dan Berkhasiat

Pantang berlebihan, simak aturan minum kunyit berikut di bawah ini.

Suara.com - Sistem pertahanan tubuh yang baik perlu dijaga setiap harinya untuk kesehatan optimal dan mencegah berbagai penyakit. Salah satu bumbu dapur fenomenal yang paling banyak digunakan untuk minuman herbal adalah kunyit. Lalu bagaimana aturan minum kunyit yang tepat untuk mendapat hasil yang maksimal? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman India Times, Sabtu (30/10/2021).

Satu sendok teh kunyit mengandung 9 kalori, 0,3 gram protein, dan 0,7 g serat. Zat besi sebesar 1,65 mg yang menyediakan sekitar 9% nilai harian zat besi. Kunyit mengandung curcumin dengan sifat anti-inflamasi, mengurangi depresi, mengobati diabetes, menyembuhkan peradangan, dan lainnya.

Aturan Minum Kunyit dalam 5 Olahan Diet Sehat

1. Membumbui Sayuran Kuah dengan Kunyit

Baca Juga: Zodiak Kesehatan 30 Oktober 2021: Aquarius, Atasi Masalah Pencernaan dengan Yoga

Kunyit sarat akan sifat anti-inflamasi, antiseptik, dan antibakteri berkat kandungan kurkumin di dalamnya. Tambahkan bubuk kunyit ini ke dalam sayuran berkuah atau sayuran tumis lainnya untuk menambah aroma dan menjadi menu diet sehat setiap hari.

2. Menambah Kunyit ke dalam Susu

Menambahkan kunyit ke dalam susu sudah dilakukan sejak lama untuk menyembuhkan luka. Minuman kunyit ii paling sering dikonsumsi sebelum tidur. Aturan minum kunyit dengan susu adalah dengan memanaskan satu sendok teh kunyit pasta/bubuk ke dalam dua tetes minyak kelapa. Tambahkan susu ke dalamnya.

Ilustrasi kunyit dan lemon (Dok. Elements Envato)
Ilustrasi kunyit dan lemon (Dok. Elements Envato)

Kamu bisa menambahkan sedikit lada hitam untuk meningkatkan retensi kunyit. Atau kamu juga bisa menambahkan bubuk kayu manis dan madu manis. Jika kamu suka kacang dan biji-bijian, mungkin ini resep bagus untuk dicampurkan ke dalam susu.

3. Teh Kunyit

Baca Juga: Manfaat Bawang Merah yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Bisa Bantu Cegah Diabetes

Teh kunyit adalah salah satu resep paling simpel untuk menambahkan kunyit dalam menu diet sehari-hari. Cukup menyeduh secangkir teh kunyit dengan merebus air ke dalam panci, menambahkan bubuk kunyit satu sendok teh atau parutan kunyit mentah di dalamnya. Biarkan selama beberapa saat dan tambahkan sedikit lemon segar untuk rasa yang kuat.

4. Sejumput Kunyit dalam Smoothie

Mulai hari dengan minum smoothie dengan kandungan bahan anti inflamasi seperti kunyit untuk menambah imunitas tubuh. Tambahkan sejumput kunyit dalam smoothie kesukaan, seperti berry, mangga, stroberi, almond, air kelapa, dan lainnya.

5. Suplemen Kunyit

Suplemen kunyit hampir mengandung 95% curcumin yang diekstrak. Adapun asupan kurkumin yang direkomendasikan adalah 0-3 mg/kg berat badan dan tidak dianjurkan dikonsumsi dalam dosis tinggi untuk jangka panjang. Perhatikan dengan cermat petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan suplemen kunyit

Itulah beberapa aturan minum kunyit dalam beberapa olahan menu diet sehat harian. Meski kunyit umumnya aman, menurut National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH), mengonsumsi kunyit dalam dosis tinggi dan jangka lama bisa mengganggu perut. Dan juga efek samping termasuk diare, ruam kulit, tinja berwarna kuning, dan sakit kepala. Jadi segala yang berlebihan meski maksudnya baik itu belum tentu baik, termasuk aturan minum kunyit ini.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar