alexametrics

Cara Wanita Ini Menabung Jadi Kontroversi, 9 Tahun Cuma Pakai Baju Hasil Donasi

Arendya Nariswari | Amertiya Saraswati
Cara Wanita Ini Menabung Jadi Kontroversi, 9 Tahun Cuma Pakai Baju Hasil Donasi
Ilustrasi wanita menabung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Meski alasannya menabung, wanita tersebut dianggap kelewat pelit.

Suara.com - Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh lewat menabung. Namun, wanita ini malah menjadi kontoversi karena menabung.

Wang Shenai adalah wanita asal China yang menjadi kontroversi karena caranya menabung. Wanita 32 tahun ini malah dianggap kelewat pelit.

Melansir Oddity Central, Wang Chenai dikenal ekstrem dalam menabung. Lewat sebuah wawancara bernama Talking to Strangers, ia mengaku menabung 90 persen dari gajinya.

Wang Shenai menjelaskan alasannya suka menabung. Dulu, ia dilahirkan dan dibesarkan di keluarga miskin.

Baca Juga: Ruben Onsu Bongkar Uang Dapur Buat Sarwendah: Yang Makan Sekampung

Saat masih kecil, ibu Wang selalu menyimpan uang di dalam kulkas. Saat hendak memberikan uang kepada Wang, sang ibu juga akan melemparkannya ke lantai.

Hal ini dilakukan untuk mengajari Wang bahwa uang tidak mudah untuk dicari. Pengalaman itu pun diingat Wang hingga sekarang.

Ilustrasi menabung. (pixabay.com/quincecreative)
Ilustrasi menabung. (pixabay.com/quincecreative)

Karena tinggal di rumah yang kecil, Wang Shenai mulai bercita-cita membeli rumah sendiri saat dewasa. Ia pun mulai menabung setelah bekerja.

Berbeda dengan orang lain yang bahagia saat berbelanja, Wang mengaku lebih bahagia ketika menabung. Bahkan, wanita 32 tahun ini menyebut bahwa dirinya merasa cemas ketika harus mengeluarkan uang.

Selama 9 tahun, Wang Shenai dan suaminya menabung 90 persen dari gaji mereka agar bisa membeli rumah.

Baca Juga: Viral Uang Jajan Anak Orang Kaya Tahun 1994, Netizen Kaget Nominalnya Fantastis

Hal tersebut mereka lakukan sambil membesarkan dua orang anak. Setelah 9 tahun, Wang kini bisa membeli dua rumah sekaligus.

Meski begitu, ada banyak hal yang harus dikorbankan Wang. Salah satunya, ia memilih menggunakan furnitur bekas.

Wang juga hanya menghabiskan uang 100 yuan atau sekitar Rp223 ribu per tahun untuk membeli baju dalam. Sementara, seluruh baju Wang yang lain merupakan baju bekas hasil donasi dari teman.

Sebagai tambahan, Wang tidak mau diajak keluar untuk makan atau minum dengan rekan kerja karena hal itu dirasa terlalu mahal.

Ilustrasi uang koin. (unplash.com/@f7photo)
Ilustrasi menabung. (unplash.com/@f7photo)

Pengakuan Wang Shenai ini pun menjadi kontroversi. Meski tujuannya menabung, tidak sedikit yang menganggap Wang terlalu pelit.

Meski begitu, Wang membalas kritikan yang diberikan dengan berkata bahwa ia tidak pernah meminta orang lain mengikuti gaya hidupnya.

Wang sendiri bekerja di sebuah perusahaan iklan dan marketing. Dari sana, Wang belajar jika sebuah brand akan berusaha membuat konsumen terus menghabiskan uang.

Sebagai contoh, Wang menyebut bahwa banyak gadis muda yang awalnya mencoba membeli produk kosmetik populer. Namun, lama-kelamaan, kebutuhan kosmetik mereka meningkat.

Terlepas dari kritikan publik, Wang juga menjadi mentor karena pengetahuannya tersebut. Wanita 32 tahun ini bahkan sering membagikan tips kepada orang-orang yang ingin hidup sepertinya.

Komentar