alexametrics

Catat! Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Indonesia saat Memilih Skincare

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
Catat! Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Indonesia saat Memilih Skincare
Ilustrasi Memilih Skincare (Pexels/Ron Lach)

Selain jenis kulit, ini tips untuk memilih skincare di Indonesia.

Suara.com - Urusan skincare kini tidak hanya berfokus di kaum Hawa. Bahkan, laki-laki pun banyak yang sudah mulai memperhatikan soal skincare.

Meski begitu, butuh waktu untuk memilih skincare yang tepat bagi jenis kulit. Tak hanya itu, tren skincare juga menjadi pertimbangan.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa tren skincare yang menjadi perhatian. Hal tersebut disampaikan oleh dermatologis Dr. Arini Widodo, SpKK di acara peluncuran brand Face Republic di Indonesia, dalam virtual media gathering Face Republic, Rabu (3/11/2021).

Menurut Dr. Arini Widodo, SpKK, masyarakat Indonesia kini lebih memperhatikan ingredients atau bahan-bahan skincare.

Baca Juga: Mengenal Tranexamic Acid, Bahan Dasar Skincare yang Bikin Kulit Glowing

Selain itu, banyak pula yang memilih skincare dengan pertimbangan isu perubahan iklim. Hal ini membuat skincare yang ramah lingkungan dan cruelty free jauh lebih diminati.

Tidak heran, banyak yang mencari skincare natural dan organik. Selain itu, produk skincare yang dapat melindungi skin barrier dan microbiome juga banyak diburu.

Ilustrasi kulit. (Elements Envanto)
Ilustrasi kulit. (Elements Envanto)

Selain dari segi ingredients, jenis kulit juga perlu diperhatikan saat memilih skincare. Biasanya, jenis kulit sendiri dibagi berdasar keaktifan kelenjar minyak yaitu kulit kering, berminyak, normal, dan kombinasi.

Meski begitu, jenis kulit di Indonesia lebih sering dibagi dengan menggunakan warna yaitu kuning langsat hingga sawo matang.

Untuk itu, seseorang perlu memperhatikan kondisi serta ekspektasi terhadap kulit dalam memilih skincare. Misalnya, ada yang lebih memilih skincare agar kulit makin cerah, atau skincare untuk mengatasi jerawat.

Baca Juga: Urutan Skincare untuk Menghaluskan Kulit Wajah

Sebagai tambahan, iklim di Indonesia juga perlu menjadi pertimbangan. Pasalnya, sinar matahari di Indonesia jauh lebih intense sehingga sunscreen menjadi sesuatu yang penting.

Agar skincare cocok dan aman bagi kulit, Dr. Arini Widodo, SpKK sendiri menyarankan untuk memakai skincare yang sudah lulus BPOM.

Biasanya, skincare dengan sertifikasi BPOM sudah pasti aman. Namun, beberapa individu yang memiliki kulit sensitif atau alergi harus lebih selektif.

Terakhir, perhatikan pula tanggal kedaluwarsa pada skincare. Sementara, alergi bisa dihindari dengan menggunakan skincare yang tidak mengandung parfume atau wewangian.

Skincare Face Republic (instagram.com/facerepublic.id)
Skincare Face Republic (instagram.com/facerepublic.id)

Salah satu brand skincare yang bisa menjadi pertimbangan adalah brand asal Korea yaitu Face Republic.

Meski berasal dari Korea Selatan, produk ini pertama diluncurkan di Filipina sehingga cocok untuk kulit Asia Tenggara. Brand ini juga sudah mendapat sertifikasi BPOM dan vegan friendly.

Beberapa rangkaian produk yang disediakan oleh Face Republic adalah hydro line (khusus kulit kering dan sensitif), glow line (untuk kulit kusam karena sinar matahari), calming line (untuk kulit berminyak), dan blooming line (untuk mencegah penuaan).

Sementara, jenis produk yang disediakan beragam mulai dari cleanser, toner, serum, moisturizer, sunscreen, coverage, hingga face masks.

Komentar