facebook

Tren 10 Step Skincare di Korea Selatan, Dokter Kulit Ingatkan Potensi Bahayanya

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Tren 10 Step Skincare di Korea Selatan, Dokter Kulit Ingatkan Potensi Bahayanya
Ilustrasi skincare [Foto: ANTARA]

Lantas, perlukah masyarakat Indonesia mengikuti tipe perawatan kulit serupa?

Suara.com - Belakangan, di Korea Selatan tengah tren 10 step skincare agar kulit lebih glowing dan mulus. Biasanya, masyarakat Indonesia kerap meniru dan mengikuti apa yang tengha jadi tren di Korea Selatan.

Lantas, perlukah masyarakat Indonesia mengikuti tipe perawatan kulit serupa? Menjawab ini Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Astasari Widodo mengatakan 10 step skincare belum tentu cocok untuk semua orang. Karena menurut Arini, itu bukanlah basic skincare atau perawatan dasar kulit yang dibutuhkan setiap orang.

"Pada basic skincare yang dapat diterapkan untuk semua orang berupa, cleanser yang lembut, moisturizer sesuai jenis kulit, dan sunscreen," ujar dr. Arini dalam acara diskusi beberapa waktu lalu.

Ilustrasi skincare/retinol (Envato)
Ilustrasi skincare/retinol (Envato)

Ia menambahkan, selain memakai cleanser, moisturizer dan sunscreen maka penggunaan skincare harus disesuaikan dengan usia dan kebutuhan spesifik kulit orang tersebut.

Baca Juga: Honey Lee Dikonfirmasi Punya Pacar Baru, Siapa?

"Misalnya apabila sedang berjerawat, dapat memilih toner yang membantu mengurangi jerawat, sedangkan penggunaan facial oil yang ditujukan antiaging misalnya dapat ditunda dulu," tutur dr. Arini.

Meski begitu, dokter yang berpraktik di Dermatologist Jakarta itu mengakui 10 step skincare seperti toner, essence, serum sangat baik untuk kesehatan kulit.

Seperti toner yang bermanfaat mengembalikan pH kulit setelah membersihkan wajah. Penggunaan essence dan serum, yang selain dapat membantu melembabkan kulit, juga memiliki  berbagai kandungan bahan aktif yang dapat bermanfaat untuk kulit.

Tapi lagi-lagi dr. Arini menyarankan untuk gunakan skincare sesuai kebutuhan dan jenis kulit. Apalagi jika penggunaan cenderung berlebihan, malah akan merusak kesehatan kulit itu sendiri.

"Penggunaan skincare yang berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan, jenis kulit, dan kondisi kulit terkadang malah dapat memberikan kerugian dibandingkan keuntungan," pungkas dr. Arini.

Baca Juga: Wajib Tahu, 7 Makanan Ini Bisa Bantu Mengatasi Jerawat

Adapun 10 step skincare dimulai dari penghapusan riasan makeup menggunakan cleansing berbahan dasar minyak, cleansing berbahan dasar air, eksfoliasi atau pengelupasan kulit, toner atau serum, sheet mask, krim mata, pelembab, dan suncreen.

Komentar