facebook

Peran Kaldu Jamur dalam Ciptakan Rasa Plant-Based Food

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Peran Kaldu Jamur dalam Ciptakan Rasa Plant-Based Food
Chef Norman Ismail. (Dok Knorr)

Kaldu jamur umum digunakan sebagai salah satu bumbu dasar kunci untuk menguatkan cita rasa suatu hidangan.

Suara.com - Plant-based food atau pola makan nabati kini kian digemari masyakarat, seiring meningkatnya kesadaran mereka mengadopsi gaya hidup sehat.

Christopher Aldo, pemilik dan pendiri YellowFit Group, menjelaskan, pada dasarnya, plant-based food sudah sangat dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia.

"Apalagi sejak pandemi, mereka menjadi lebih concern untuk mengganti makanan olahan, daging merah, dan gula dengan alternatif yang lebih sehat, hingga memilih makanan yang lebih segar," jelasnya dalam peluncuran Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning, Selasa (23/11/2021).

Selain itu, lanjut Aldo, tak sedikit masyarakat yang juga mulai memperhatikan keamanan pangan serta konsumsi berkelanjutan yang bertanggung jawab. Inilah yang membuat mereka akhirnya menaruh minat lebih pada plant-based food.

Baca Juga: Berikut 7 Tips Masak Risotto Dijamin Gurih dan Creamy

Untuk membuat hidangan plant-based food memiliki rasa yang enak dan tetap dinikmati, Chef Norman Ismail mengungkap jika pemasak harus sering melakukan inovasi, salah satunya dari pemilihan kaldu.

Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning. (Dok Knorr)
Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning. (Dok Knorr)

Selain kaldu hewani, jamur juga umum digunakan bagi mereka yang mengadopsi pola makan nabati sebagai salah satu bumbu dasar kunci untuk menguatkan cita rasa suatu hidangan.

"Jamur memang bisa menghasilkan rasa umami alami, dan memang telah umum digunakan sebagai kaldu. Sayangnya, seringkali ketika sudah bercampur cenderung mendominasi rasa masakan," ujar dia.

Untuk mengatasi hal ini, kata dia, penambahan mirepoix atau kaldu sayur yang sering digunakan di dapur professional, seperti yang terkandung dalam Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning.

"Campuran berbagai tumbuhan penambah citarasa, seperti bawang bombay, wortel, seledri dan batang daun bawang dapat menyeimbangkan dan memantapkan nikmatnya berbagai hidangan sehat para chef," tutup dia.

Baca Juga: Mengenal Bone Broth, Kaldu Kaya Nutrisi yang Jadi Tren Hidup Sehat di Dunia

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar