alexametrics

Begini Cara Majukan UMKM Perempuan di Tengah Situasi Pandemi Covid-19

Bimo Aria Fundrika
Begini Cara Majukan UMKM Perempuan di Tengah Situasi Pandemi Covid-19
Ilustrasi UMKM Perempuan. [unsplash]

UMKM Perempuan menghadapi beban pandemi Covid-19 yang telah sangat berdampak pada keterpurukan perekonomian nasional.

Suara.com - Peran perempuan dalam berbagai bidang mulai banyak diakui dan tidak bisa lagi dianggap sebelah mata. Terlebih dalam hal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), perempuan disebut menjadi penopang keberlangsungan sektor tersebut selama pandemi.

Oleh sebab itu, Perempuan Indonesia Maju (PIM) bersama Pertamina Foundation (PF) menanda tangani MOU kesepakatan kerja sama untuk Program PF Womenpreneurship Coaching Series.

Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kewirausahaan UMKM perempuan yang unggul, modern, berdaya saing pasar, memiliki jaringan luas dan sinergi dengan dunia usaha terutama untuk akses permodalan dan pemasaran.

“Ini merupakan langkah lanjut dari misi Perempuan Indonesia Maju sebagai upaya penguatan kapasitas dan kompetensi UMKM Perempuan Indonesia untuk para anggota PIM dan sahabat organisasi PIM," ujar  Lana Koentjoro Ketua PIM Indonesia.

Baca Juga: Izin Pergi Mengaji, Bocah Perempuan Ditemukan Tewas dalam Kondisi Mengenaskan

UMKM Perempuan menghadapi beban pandemi Covid-19 yang telah sangat berdampak pada keterpurukan perekonomian nasional. (Dok: Istimewa)
UMKM Perempuan menghadapi beban pandemi Covid-19 yang telah sangat berdampak pada keterpurukan perekonomian nasional. (Dok: Istimewa)

Lana menjelaskan, bahwa dengan mengikuti coaching series ini diharapkan para umkm perempuan dapat mengembangkan kualitas produk menjadi premium dan berorientasi export. Karena PIM juga telah mempunya koneksi ke pasar internasional melalui jaringan PIM USA dan PIM Eropa. 

"Untuk organisasi umkm perempuan seperti Perempuan Indonesia Maju, Women Leaders adalah motor penggerak bagi anggotanya untuk secara bersama-sama lebih ulet dan kreatif mengembangkan kewirausahaan dan sukses bersama.

UMKM Perempuan yang ikut dalam program ini, akan menjadi pionir perubahan promosi usaha rumah tangga serta menjadi UMKM modern yang optimal memanfaatkan sarana-prasarana teknologi dan media sosialnya”, ujar President Director Pertamina Foundation, Agus Masud yang juga merupakan The Best CEO 2020 (kategori Corporate Foundation)

UMKM Perempuan menghadapi beban pandemi Covid-19 yang telah sangat berdampak pada keterpurukan perekonomian nasional. Pertamina Foundation dan Perempuan Indonesia Maju melihat tantangan ini sebagai peluang untuk menghidupkan kembali ekonomi melalui kewirausahaan kelompok perempuan dan melengkapinya dengan coaching series kewirausahaan yang meliputi: Pengembangan Kewirausahaan, Pengenalan Teknologi pendukung usaha e-commerce, Jaringan Usaha, serta Event festival atau Web Contest Product.

Adapun fasilitas yang akan didapat oleh peserta: Paket serial pelatihan secara online (e-learning), Mentoring dari expertice (ekspertis), Fasilitas jejaring usaha bersama pengusaha sukses, Pameran produk secara online (daring), Akses permodalan dari Program Kemitraan BUMN Pertamina, serta Reward (apresiasi) bagi yang terbaik.

Baca Juga: Marak Praktik Kawin Kontrak, Puan Minta Pemerintah Jamin Perlindungan Perempuan

“Coaching Series ini merupakan bagian dr program PIM bidang ekonomi, khususnya di UMKM di samping Start Up & Investasi. Diharapkan lewat program ini bisa mengedukasi / memperlengkapi para wirausaha perempuan yg berkontribusi aspek yang besar terhadap recovery ekonomi Indonesia”, ditambahkan oleh WKU Bidang Ekonomi PIM, Lisa Zen Purba, yang juga aktif sebagai pelaku UKM Perempuan.

Komentar