alexametrics

5 Makanan Tinggi Serat yang Bisa Jadi Opsi Pola Hidup Menyehatkan

Arendya Nariswari
5 Makanan Tinggi Serat yang Bisa Jadi Opsi Pola Hidup Menyehatkan
Ilustrasi gandum. (Shutterstock)

Pencernaan jadi lebih sehat, yuk rutin santap 5 makanan tinggi serat berikut ini.

Suara.com - Kesehatan pencernaan jadi faktor besar yang turut menentukan kesehatan tubuh secara umum. Tentu, ada upaya yang bisa dilakukan guna menjaga kesehatan organ pencernaan ini, salah satunya dengan konsumsi makanan tinggi serat.

Serat sendiri berfungsi sebagai ‘agen’ yang membantu menjaga kebersihan organ pencernaan, dan melancarkan pembuangan. Jadi, makanan yang masuk bisa diserap nutrisinya secara optimal, dan tubuh mendapatkan manfaat optimal.

Berikut beberapa opsi makanan tinggi serat yang bisa Anda konsumsi secara rutin.

Rekomendasi Makanan Tinggi Serat

Baca Juga: Dear Parents, Ini Manfaat Belajar Sains pada Anak

Mayoritas rekomendasi yang Anda temukan di artikel ini adalah buah, jenis sayuran, dan biji-bijian. Mari simak selengkapnya.

1. Biji Chia

Konsumsi Biji Chia disebut baik untuk program diet penurunan berat badan. (Shutterstock)
Konsumsi Biji Chia disebut baik untuk program diet penurunan berat badan. (Shutterstock)

Biji chia jadi salah satu makanan tinggi serat yang kami rekomendasikan. Setiap 100 gram biji chia mengandung 34,4 gram serat, dan beberapa kandungan lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Tentu saja konsumsinya direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

2. Gandum

Kandungan serat yang ada pada gandum, bersamaan dengan kandungan zat gizi makro, vitamin, mineral, serta antioksidan membuat makanan ini jadi salah satu makanan paling sehat. Serat yang ada di gandung juga jenis larut dalam air, sehingga dapat membantu mengontrol gula darah dan kolesterol.

Baca Juga: Cuci Sempol yang Sudah Jamuran, Unggahan Ini Sukses Bikin Heran sekaligus Waswas

3. Raspberry

Ilustrasi buah raspberry. (Shutterstock)
Ilustrasi buah raspberry. (Shutterstock)

Seratrus gram buah raspberry mengandung setidaknya 6,5 gram serat, yang berarti sekitar 21,6% kebutuhan serat seorang manusia dewasa. Selain itu buah ini juga kaya akan Vitamin C sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari efek radikal bebas.

4. Alpukat

Ilustrasi Alpukat. (pexels.com)
Ilustrasi Alpukat. (pexels.com)

Buah alpukat juga terkenal jadi salah satu makanan tinggi serat yang bisa dikonsumsi secara rutin. Mudahnya pengolahan buah ini dan kombinasinya yang luas jadi alasan kenapa buah ini populer. Tentu saja, kandungan seratnya juga tinggi serta rasanya lezat.

5. Pir

Buah pir. (Pixabay)
Buah pir. (Pixabay)

Buah pir dengan ukuran kecil bisa mengandung sebanyak 5,5 gram serat untuk tubuh manusia dewasa. Ini setara dengan 20% kebutuhan manusia setiap hari, sehingga konsumsi buah pir bisa jadi solusi untuk Anda yang kekurangan serat.

Cukup menarik bukan beberapa opsi yang kami berikan di atas? Jadi mari, mulai sekarang konsumsi makanan berserat, yang tentu saja tak hanya yang tercantum di artikel ini, agar pencernaan semakin sehat dan tubuh selalu bugar!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar