alexametrics

5 Pengaruh Gaya Ilmu Fisika dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Risna Halidi | Lilis Varwati
5 Pengaruh Gaya Ilmu Fisika dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-Hari
Ilustrasi bersepeda sebagai pengaruh gaya dalam ilmu fisika.

Berikut lima pengaruh gaya terhadap benda yang sering terjadi dikehidupan sehari-hari.

Suara.com - Benda bergerak terjadi karena mendapat dorongan gaya. Benda juga akan berhenti, berpindah, bahkan juga berubah bentuk apabila terdapat unsur gaya.

Dalam ilmu fisika, gaya merupakan interaksi dengan objek yang menyebabkan benda bermassa mengalami perubahan posisi, gerak, maupun bentuk.

Aktivitas gaya tersebut sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dikutip dari Ruang Guru, berikut 5 pengaruh gaya terhadap benda yang sering terjadi dikehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Manglingi, Sheila Marcia Tampil dengan Rambut Dikuncir: Auranya Beda!

1. Gaya Menggerakkan Benda Diam
Kamu pernah bepergiaan menggunakan koper? Kamu pasti akan menarik koper sehingga berat tas tidak terlaku terasa, kan. Gerak tarikan itu termasuk gaya yang membuat koper awalnya diam jadi bergerak.

2. Gaya Menghentikan Benda Bergerak
Sebaliknya, gaya juga busa menghentikan benda yang awalnya bergerak jadi diam kembali. Misalnya, saat kamu mengayuh sepeda, tiba-tiba melihat anak kucing menyeberang jalan.

Tentu otomatis akan menarik rem. Gerakan menarik rem tersebut membuat sepeda yang awaknya bergerak jadi seketika berhenti.

3. Gaya Mengubah Kecepatan Benda
Tidak hanya menghentikan gerakan benda saja, dengan memberikan suatu gaya pada benda, kita juga bisa mengubah kecepatan gerak benda tersebut.

Contohnya, saat mengendarai mobil, kecepatannya bisa disesuaikan dengan kondisi di jalan. Jika pedal gas yang diinjak, maka kecepatan mobil tentu bertambah. Tapi, jika rem yang diinjak, tentu mobil akan segera berhenti.

Baca Juga: Ipar Pengangguran tapi Gaya Selangit, Wanita Ini Muak Selalu Dimintai Uang

4. Gaya Mengubah Arah Gerak Benda
Saat mengayuh sepeda ke tujuan tertentu, kemungkinan akan belok hingga sampai ke lokasi tujuan. Saat berbelok itu, artinya kamu melakukan gaya membelokkan stang sepeda ke arah lain.

5. Gaya Mengubah Bentuk Benda
Ketika membuat kue, adonan yang sudah dijadi bisa langsung dibentuk sesuai dengan keinginan. Adonan bisa berubah bentuk jadi kue yang cantik karena mendapat gaya, mulai dari digiling, dicetak, dipotong, dan lainnya.

Komentar