facebook

Viral Pria Masak Lontong Sayur Medan di Jerman, Bahan yang Digunakan Jadi Sorotan

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna
Viral Pria Masak Lontong Sayur Medan di Jerman, Bahan yang Digunakan Jadi Sorotan
Ilustrasi lontong sayur Medan [SuaraJakarta.id/Muhammad Jehan Nurhakim]

Meski sudah berbeda benua, pria ini berhasil membuat lontong sayur Medan dengan bahan-bahan unik.

Suara.com - Saat tinggal di luar negeri, tak jarang orang akan merasa rindu dengan masakan nusantara. Sayangnya, mencari makanan khas nusantara di negara yang berbeda benua cukup sulit. Misalnya saja salah satunya yakni Lontong Sayur Medan

Seorang pria Indonesia yang tinggal di Jerman membagikan momen dirinya memasak lontong sayur. Proses pembuatannya ia bagikan melalui akun TikTok @ragilmahardikafred3.

Pria yang sudah cukup lama tinggal di Jerman ini bercerita teman-temannya hendak berkunjung ke rumah. Akhirnya pria ini memutuskan untuk menjamu mereka dengan makanan khas nusantara yaitu lontong sayur Medan.

Pertama ia membuat lontong terlebih dulu menggunakan beras yang dikemas di dalam plastik. Beras tersebut ia rebus bersama dengan plastiknya kemudian didinginkan agar lebih padat dan membentuk lontong.

Baca Juga: Deretan Tradisi Unik Perayaan Natal di Jerman

Setelah itu, ia beranjak membuat sayur nangkanya. Pria yang akrab disapa Ragil itu membeli nangka muda kaleng di supermarket untuk proses memasaknya kali ini.

Masak lontong sayur Medan di Jerman (TikTok @ragilmahardikafred3)
Masak lontong sayur Medan di Jerman (TikTok @ragilmahardikafred3)

Kemudian Ragil juga memakai sayur kohlrabi yang rasanya mirip dengan labu siam. Ia mengatakan tak berhasil menemukan labu siam sehingga menggunakan pengganti.

Sedangkan untuk bumbunya, Ragil tak sempat membuat sendiri karena diburu waktu. Ia pun menggunakan bumbu instan kari Thailand.

Untuk membuatnya semakin sedap, ia menambahkan daging cincang. Air, santan, daging, sayur nangka, kohlrabi yang sudah dipotong, serai, daun salam, daun jeruk, garam, merica, penyedap, dan lainnya.

Kuah itu kemudian diaduk hingga rata dan lontong sayur Medan siap disajikan. Tentunya, sajian tersebut bisa sedikit mengobati rasa rindu pada rumah.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Jawa, Mulai dari Gudeg hingga Lontong Balap

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Keren banget tetap bisa bikin makanan khas Indonesia, meski jauh di Jerman," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Pakai bumbu instan tapi tetap kelihatan enak ya. Penasaran rasanya makan lontong sayur Medan di Jerman," ujar warganet ini.

"Wow baru lihat sayur kohlrabi begitu, kayaknya di Indonesia langka, atau malah nggak ada? Keren, pinter masak," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Senin (17/1/2022), video masak lontong sayur Medan di Jerman ini telah viral dan sudah ditonton sebanyak lebih dari 4 juta kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar