facebook

4 Minuman yang Tidak Boleh Disimpan di Dalam Freezer, Ini Potensi Bahayanya Jika Dipaksakan

Arendya Nariswari
4 Minuman yang Tidak Boleh Disimpan di Dalam Freezer, Ini Potensi Bahayanya Jika Dipaksakan
Ilustrasi freezer kulkas. (Pixabay/@JuliaPablo)

Salah satunya bisa timbulkan ledakan, ini daftar 4 minuman yang tidak boleh disimpan di dalam freezer.

Suara.com - Freezer sering dijadikan pilihan untuk menyimpan minuman, supaya ketika hendak diminum berbagai jenis minuman tersebut terasa lebih dingin dan menyegarkan.

Seperti yang kita tahu, suhu di dalam freezer jauh lebih rendah dibandingkan bagian kulkas lainnya, sehingga proses pengawetan akan lebih lama karena terjadi pembekuan.

Sayangnya, karena suhu ekstrem di dalam freezer ini pulalah, beberapa jenis minuman sebaiknya tidak disimpan di dalam freezer, dan cukup tempatkan di bagian kulkas lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 4 minuman yang tidak boleh disimpan di dalam freezer:

Baca Juga: 5 Cara agar Terhindar dari Perilaku Drunkorexia, Salah Satunya Mengetahui Batasan Diri

1. Minuman bersoda dan minuman kaleng

Salah satu jenis minuman yang tidak boleh disimpan di dalam freezer adalah minuman bersoda. Mungkin akan terlihat sangat menyegarkan saat mengeluarkan minuman bersoda dari freezer, namun hal ini justru membahayakan karena ada kemungkinan wadahnya yang berbahan kaleng akan meledak.

Untuk membuat minuman bersoda lebih dingin, cukup simpan di dalam kulkas atau tambahkan es ketika akan meminumnya.

2. Susu

Ilustrasi Susu. (pixabay)
Ilustrasi Susu. (pixabay)

Ketika susu membeku di dalam freezer lemak akan terpisah karena suhunya yang sangat dingin. Saat akan meminumnya kembali dan menunggu hingga cair, tekstur dan tampilan susu pun tidak akan benar-benar kembali ke bentuk semula.

Baca Juga: Niat Bantu Malah Jadi Bencana, Suami Taruh Bahan Makan di Freezer, Penampakannya Bikin Menangis

Meski begitu, susu yang disimpan di freezer tetap aman untuk diminum. Untuk membuat teksturnya lebih baik tambahkan kopi atau sereal sebagai campuran.

Beberapa olahan susu lainnya seperti cream cheese juga tidak baik di simpan di dalam freezer karena membuat teksturnya rusak dan mengeras.

3. Jus konsentrat

Jus konsentrat atau jus dalam kemasan sebaiknya tidak disimpan di dalam freezer. Proses fermentasi yang terjadi dalam konsentrat yang dicampur dengan gula ini mungkin akan tumbuh semakin lama di dalam freezer.

4. Minuman beralkohol

Menyimpan jenis minuman beralkohol seperti Vodka di dalam freezer bukanlah ide yang bagus. Grey Foose, seorang pencipta Vodka cara penyimpanan ini merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan.

Berkat kandungan etanolnya, vodka memang tidak mungkin membeku di dalam freezer, kecuali suhunya mencapai -27 derajat celcius. Namun, kualitas vodka akan menurun dan akan membuatnya lebih mudah meledak.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar