facebook

Benda Langit yang Jarang Dibahas, Apa Itu Asteroid dan Ciri-Cirinya?

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Benda Langit yang Jarang Dibahas, Apa Itu Asteroid dan Ciri-Cirinya?
Ilustrasi asteroid. (Elements Envato)

Asteroid adalah kumpulan benda-benda langit yang jumlahnya ada jutaan yang menggerombol membentuk sebuah sabuk raksasa.

Suara.com - Selain benda langit seperti bulan, matahari, dan planet, ada juga asteroid, benda langit yang jarang diketahui banyak orang. Apa itu asteroid sebenarnya?

Mengutip Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kamis (20/1/2022), asteroid adalah kumpulan benda-benda langit yang jumlahnya ada jutaan yang menggerombol membentuk sebuah sabuk raksasa.

Kumpulan asteroid yang membentuk sebuah sabuk ini berada di antara planet Mars dan planet Jupiter. Oleh karena adanya sabuk asteroid ini pula, pengelompokkan planet ada yang disebut planet dalam dan planet luar.

Yang termasuk planet dalam adalah planet-planet yang berada di antara matahari hingga sabuk asteroid tersebut, yaitu planet Merkurius, planet Venus, planet Bumi, dan Mars. Sedangkan planet luar adalah planet yang berada setelah sabuk asteroid bila dilihat dari arah matahari, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Baca Juga: Hari Ini Asteroid Melewati Bumi, Ukurannya Lebih Besar dari Big Ben

Asteroid juga disebut sebagai planet minor atau planetoid. Asteroid merupakan benda langit yang apabila kita lihat dari dekat menyerupai bebatuan.

Jumlah asteroid ini banyak sekali dan mereka memiliki orbitnya sendiri. Adapun orbit dari asteroid ini berbentuk elips, dan asteroid beraktivitas di angkasa dengan bebas. Asteroid terbentuk dari zat- zat yang terdiri atas tanah liat, silikat, dan lain sebagainya.

Yuk, kenali ciri-ciri lain dari asteroid:

1. Bentuknya tidak beraturan
Bentuk dari asteroid ini lebih mirip dengan bebatuan kecil warna-warni penghias aquarium, terkadang lonjir, terkadang bulat namun bersudut- sudut. Hal ini karena memang asteroid adalah batu ruang angkasa.

2. Mengorbit pada matahari
Asteroid memiliki lintasannya sendiri untuk mengorbit terhadap matahari yang berbentuk lonjong atau elips. Dalam berputar mengelilingi matahari, asteroid berputar-putar dan terkadang hingga terjatuh tak tentu arah.

Baca Juga: Perhatian! 3 Asteroid Akan Melintasi Bumi Minggu Pertama 2022

Keadaan yang demikian inilah yang terkadang membuat bahaya, karena apabila menabrak Bumi, maka permukaan Bumi akan rusak dan berakibat fatal pada kehidupan makhluk hidup di Bumi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar