facebook

Tips Perawatan Rambut Usai Bleaching, Lakukan Tahapan Ini Agar Tidak Rusak dan Kering

Arendya Nariswari
Tips Perawatan Rambut Usai Bleaching, Lakukan Tahapan Ini Agar Tidak Rusak dan Kering

Mewarnai rambut bakal optimal dengan bleaching, lalu apa tipsnya agar teksturnya tidak kering dan rusak?

Suara.com - Kekinian semakin banyak orang yang mengekspresikan diri dengan mewarnai rambut mereka. Sayang, biasanya timbul keluhan rambut rontok atau kering usai diwarnai.

Bahkan setelah melakukan bleaching, beberapa orang kerap mengeluh rambut mereka patah hingga rusak.

Lantas, apa solusi yang tepat untuk perawatan rambut usai bleaching agar kesehatannya tetap terjaga?

Dihimpun dari Yukepo---Jaringan Suara.com, ternyata sebenarnya ada beberapa tips perawatan rambut usai bleaching yang bisa dilakukan. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Masakan Ini Dikasih Rempah Misterius, Publik Mendadak Geli Sekaligus Kepo Lihat Wujudnya

1. Coba hindari heat styling terlalu sering pada rambut

Selain dilarang memakai air panas untuk keramas, rambut yang baru saja diwarnai dan terkena proses bleaching sebaiknya tidak mengalami heat styling. Panas akan membuat rambut semakin kering dan rusak.

Hindari menggunakan catok lurus maupun keriting setidaknya beberapa minggu setelah bleaching. Kalau rambut sudah mulai lembut dan lebih kuat, sebaiknya juga tidak terlalu sering menggunakan heat styling. Satu minggu sekali sudah cukup.

2. Cuci rambut dengan air beras

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa air beras dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Satu di antaranya untuk mengembalikan kekuatan dan kelembutan rambut secara alami. Ini karena air beras mengandung inositol yang dapat memperbaiki kondisi rambut yang mulai mengalami kerusakan.

Baca Juga: Akibat Kanker di Mulut, Lidah Wanita Ini Ditumbuhi Rambut setelah Jalani Cangkok Kulit Paha

Caranya, rendam beras seperti hendak menanak nasi. Ambil airnya dan diamkan di lemari es selama satu malam. Setelah itu, gunakan air tersebut untuk keramas setiap hari.

3. Gunakan sunblock rambut

Tak hanya kulit, rambut juga butuh perlindungan ekstra apalagi bila baru saja melakukan bleaching. Sebelum keluar rumah, pastikan kamu menggunakan sunblock untuk rambut. Carilah produk untuk rambut yang mengandung SPF. Selain melindungi rambut, sunblock juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Jangan sampai kulit kepala mengalami iritasi setelah terkena proses bleaching.

4. Buat masker alami untuk rambut

Untuk membantu mengembalikan elastisitas rambut serta mencegah rambut menjadi kaku dan kering, cobalah membuat masker alami. Bahannya sangat sederhana. Kamu bisa membuat masker dari alpukat, madu, atau putih telur. Pilih mana saja yang tersedia di rumah. Gunakan masker ini dua hingga tiga kali dalam seminggu. Kalau rambut sudah mulai lembut, kamu bisa mengurangi frekuensi penggunaannya.

5. Bilas rambut saat keramas menggunakan air dingin

Rambut yang sudah terkena bleaching dan mengalami kerusakan jangan dicuci dengan air panas. Ini akan memperparah kerusakan. Ini juga bisa merusak akar rambut dan membuatnya semakin rapuh. Usahakan untuk menggunakan air biasa untuk keramas.

6. Aplikasikan rambut dengan minyak almond

Untuk mengembalikan kelembutan dan kekuatan rambut, kamu butuh sesuatu yang kaya akan protein dan vitamin E. Jawaban yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan itu ialah minyak almond. Bahan alami satu ini akan membuat rambut yang rapuh menjadi lebih kuat. Cukup oleskan beberapa tetes minyak almond pada rambut setiap hari. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat masker atau kondisioner.

7. Saat rambut sedang basah, sisir perlahan

Hal ini sangat sederhana namun mungkin tak banyak diketahui orang. Ketika rambut dalam keadaan kering, rapuh, mudah patah, sebaiknya hindari menyisir ketika sudah kering. Sebaiknya kamu menyisir ketika rambut masih dalam keadaan basah. Ketika kering, rambut akan jauh lebih mudah patah. Selain itu pilihlah sisir dengan gigi yang jarang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar