facebook

Alasan Penting Sunscreen untuk Bayi dan Anak, Ini 3 Manfaat yang Bisa Didapatkan

Arendya Nariswari
Alasan Penting Sunscreen untuk Bayi dan Anak, Ini 3 Manfaat yang Bisa Didapatkan
Ilustrasi anak yang menggunakan sunscreen anak (Freepik)

Manfaat penggunaan sunscreen untuk bayi dan anak sangat perlu diaplikasikan untuk melindungi kulit anak dari bahaya sinar matahari.

Suara.com - Anak-anak suka bermain di luar dan mereka menghabiskan waktu berkualitas dengan teman-teman dan di lingkungan yang bebas. Mereka akan di bawah sinar matahari sepanjang hari, tanpa perlindungan kulit. Oleh karenanya, ada alasan penting sunscreen untuk bayi dan anak-anak agar kulit tetap terlindungi. 

Tak hanya orang dewasa, anak-anak bisa mengalami kerusakan pada kulit karena paparan berlebihan sinar matahari yang berbahaya. Sinar UV matahari potensial menimbulkan bahaya serius bagi kulit. Anak-anak memiliki kulit yang lebih sensitif yang dapat mengalami luka bakar serius dan masalah jerawat karena paparan langsung sinar matahari. 

Oleh karena itu, para ahli kecantikan menyarankan untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya berkualitas baik untuk anak-anak sebelum orang tua mengizinkan mereka keluar rumah untuk bermain di luar. 

Apa saja manfaat penggunaan sunscreen untuk anak ini? Ada begitu banyak manfaat menggunakan tabir surya untuk anak-anak, seperti yang dirangkum dalam laman Montessori Down Town, Rabu (26/1/2022) berikut ini.

1. Menghindari luka bakar yang menyakitkan

Ketika anak-anak pergi bermain di luar tanpa sunscreen, mereka akan menghadapi sengatan matahari. Tingkat luka bakar biasanya tergantung pada berapa banyak waktu yang mereka habiskan di luar ruangan dan jenis kulit juga. Beberapa gejala yang paling umum dari sengatan matahari termasuk pengelupasan, kemerahan, gatal, dan bengkak.

Menggunakan lotion sunscreen berkualitas baik dengan peringkat SPF yang memadai adalah solusi terbaik untuk menghindari kondisi yang menyakitkan seperti itu.

2. Memblokir sinar UV yang berbahaya

Lapisan ozon berperan penting dalam menghalangi sebagian besar sinar UV yang berasal dari matahari. Lapisan ini juga menyerap radiasi ultraviolet yang berbahaya yang dapat menimbulkan kerusakan serius pada DNA.

Meskipun sinar matahari juga baik untuk kesehatan, paparan yang berulang dan berlebihan, tidak aman karena dapat merusak kesehatan kulit anak Anda. Ada baiknya mengoleskan tabir surya untuk menghalangi sinar berbahaya tersebut agar tidak merusak lapisan kulit anak. 

3. Menghindari jerawat dan noda

Remaja kerap mengalami perkembangan jerawat karena paparan sinar matahari berulang kali. Tetapi gejalanya juga dapat berkembang pada anak-anak. Ketika mereka menghabiskan beberapa jam bermain di bawah sinar matahari, mereka mengalami kemerahan, gatal, bahkan peradangan pada kulit wajah dan lengan.

Sunscreen anak berkualitas baik dapat membantu menciptakan lapisan pelindung tambahan di atas lapisan kulit. Sehingga anak-anak dapat tetap aman dari efek berbahaya paparan sinar matahari bahkan setelah menghabiskan beberapa jam di taman bermain.

Anda dapat membeli sunscreen terbaik untuk anak-anak dengan peringkat SPF yang efektif untuk melindungi anak-anak Anda dari sinar UV dengan berbelanja di gerai kecantikan atau pada situs kosmetik online. 

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar