facebook

7 Racun Tikus Alami yang Bisa Dibuat di Rumah, Dijamin Ampuh dan Bahan-bahannya Tak Sulit Dicari

Arendya Nariswari
7 Racun Tikus Alami yang Bisa Dibuat di Rumah, Dijamin Ampuh dan Bahan-bahannya Tak Sulit Dicari
https://pixabay.com/id/users/kapa65-61253/

Mengusir tikus dari rumah tentu bukan hal yang menyenangkan tapi harus dilakukan. Untung saja ada racun tikus bahan alami yang mudah dibuat dan tentunya ampuh.

Suara.com - Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang sering berkeliaran di dalam rumah. Tentu saja kejadian ini sangat tidak menyenangkan dan sangat mengganggu.

Eits, tenang karena sebenarnya ada beberapa bahan alami pengusir tikus yang sebenarnya dapat Anda buat sendiri hanya bermodalkan bahan-bahan yang pastinya ada di rumah loh!

Dilansir dari laman leka norman pest, berikut 5 bahan alami untuk membuat racun tikus.

1. Peppermint

Baca Juga: 4 Bahan Ini Ampuh Bikin Ketiak Anti Gelap, Cus Segera ke Dapur

Tikus memiliki indera penciuman yang sangat sensitif. Jika bagi manusia peppermint memiliki bau yang menyegarkan, tikus justru sangat membencinya. Cara membuat racun tikus alami dengan peppermint cukup mudah, yaitu campurkan 25-30 tetes minyak esensial peppermint ke bola kapas, lalu letakkan di tempat-tempat yang biasa dilewati tikus.

Peppermint akan secara perlahan membunuh tikus saat aromanya sudah terhirup hingga paru-paru.

2. Kapur barus

Salah satu cara paling mudah untuk mengusir tikus dari rumah adalah menggunakan kapur barus. Caranya, cukup beli kapur barus di minimarket lalu tempatkan beberapa buah kapur barus secara menyebar di dalam rumah.

3. Lada hitam

Baca Juga: Marahi Kucing Jalanan Soal Barter Makanan dengan Tikus, Wanita Ini Kaget Dibawakan Kejutan Lauk Tak Terduga

Selai dijadikan bumbu dapur, rupanya laa hitam juga dapat dijadikan bahan pengusir alami tikus. Baunya lada hitam yang menyengat bahkan bisa membunuh tikus saat sudah memenuhi paru-parunya.

4. Bawang

Racun tikus alami lainnya adalah bawang. Sama halnya dengan lada hitam, bau bawang sangat dibenci oleh tikus bahkan menyebabkan kematian. Cara menggunakan bawang untuk mengusir tikus cukup tempatkan potongan bawang di tempat-tempat di mana tikus sering ditemukan. Namun, jangan lupa untuk mengganti bawang setiap hari karena mereka bisa membusuk.

5. Soda kue

Untuk membuat racun tikus dengan soda kue, caranya cukup campurkan satu cangkir tepung terigu dengan satu cangkir gula. Setelah itu, tambahkan coklat bubuk dan juga satu cangkir soda kue. Letakkan campuran ke dalam tutup toples dan tempatkan di mana Anda biasa melihat kotoran tikus.

6. Amonia

Cairan ini dikenal sebagai salah satu pembersih yang ampuh. Namun di samping itu, amonia juga berfungsi sebagai racun bagi tikus-tikus yang telah menghantui rumah. Caranya, campurkan 2-2,5 cangkir amonia dengan 100-200 ml air, dan 2-3 sendok deterjen. Setelah itu, letakkan di tempat-tempat tikus biasa terlihat.

7. Asam borat

Cara membuat racun tikus satu ini adalah mencampurkan 1 cangkir asam borat dengan satu sendok teh kaldu ayam. Setelah itu aduk dengan sedikit air, pastikan teksturnya tidak terlalu encer.

Bau kaldu ayam akan menarik perhatian tikus, namun saat mencicipinya tikus-tikus ini akan langsung menderita karena mencicipi asam borat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar