facebook

Kopi Kenangan Buka Tiga Gerai Baru, Pasokan Listriknya Bersumber dari Tenaga Surya!

Risna Halidi
Kopi Kenangan Buka Tiga Gerai Baru, Pasokan Listriknya Bersumber dari Tenaga Surya!
Kopi Kenangan [ig @kopikenangan.id]

Nantinya, setiap gelas kopi yang disajikan, dibuat dari sumber listrik bertenaga surya.

Suara.com - Sebuah inovasi baru saja dilakukan gerai Kopi Kenangan dengan membangun tiga gerai solar panel masing-masing di Bintaro, Pesanggrahan, dan Jakarta Selatan.

Nantinya, setiap gelas kopi yang disajikan, dibuat dari sumber listrik bertenaga surya. Gerai tersebut dibuat Kopi Kenangan atas kerjasama dengan Grab dan juga SUNterra.

Menurut CEO dan CO-Founder Kopi Kenangan - Edward Tirtanata, gerai kopi kolaborasi tiga perusahaan tersebut diharapkan dapat menjadi gerakan transisi menuju green energy dengan proses produksi yang lebih ramah lingkungan.

Beroperasi sejak 21 April 2022 lalu, ketiga gerai itu menggunakan 18 modul solar panel dengan berat mencapai 540 kg dan dapat mengubah tenaga matahari menjadi arus listrik yang digunakan mesin kopi.

Baca Juga: Pengamat: Pemerintah Perlu Mengubah Kebijakan Kelistrikan untuk Mendorong Pembangkit EBT

Gerai Baru Kopi Kenangan (Dok. Kopi Kenangan)
Gerai Baru Kopi Kenangan (Dok. Kopi Kenangan)

"Hadirnya gerai terbaru Kopi Kenangan RC Veteran adalah bentuk kolaborasi kami dengan Grab dan SUNterra untuk mendukung proses industri di Indonesia yang lebih ramah lingkungan," kata Edward, dikutip dari siaran pers, Selasa (24/5/2022).

Sementara SUNterra, perusahaan penyedia solar panel yang turut berkontribusi dalam proyek tersebut, mengapresiasi setiap langkah yang dilakukan oleh para pelaku usaha untuk beralih ke energi bersih dan terbarukan.

"Penggunaan energi matahari sebagai sumber energi listrik dalam proses produksi merupakan bentuk kontribusi nyata yang menjadi salah satu solusi pengurangan dampak perubahan iklim."

"Harapan kami, instalasi solar panel di gerai Kopi Kenangan RC Veteran dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lainnya untuk segera beralih memanfaatkan energi bersih yang berkelanjutan," terang Chief Executive Officer SUNterra, Fanda Soesilo.

Aplikasi terkemuka Grab juga turut berkontribusi dalam menghadirkan gerai RC Veteran dan berkolaborasi bersama Kopi Kenangan dan SUNterra dalam misi mempromosikan gaya hidup lebih ramah lingkungan bagi konsumen.

Baca Juga: Bus Listrik Merah Putih Ditargetkan Rampung Oktober 2022

Melalui komitmen #LangkahHijau sejak 2019, Grab melakukan berbagai inisiatif untuk mendukung gaya hidup lebih berkelanjutan seperti pengurangan emisi CO2 sekaligus menjadi operator kendaraan listrik Ride-Hailing terbesar di Indonesia dengan 8.500 armada GrabElectric di delapan provinsi.

"Grab percaya bahwa perusahaan teknologi dapat berkontribusi untuk memberikan dampak berkelanjutan dalam bidang ekonomi dan lingkungan. Oleh karena itu Grab sangat bersemangat dapat mendukung proyek ini bersama dengan Kopi Kenangan dan SUNterra," tambah Director of Jabodetabek, Grab Indonesia Iki Sari Dewi.

Komentar