facebook

Lambang Kemurnian, Ini Makna Hanbok Putih yang Dipakai Maudy Ayunda saat Menikah

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yulia Rosdiana Putri
Lambang Kemurnian, Ini Makna Hanbok Putih yang Dipakai Maudy Ayunda saat Menikah
Maudy Ayunda mengenakan pakaian hanbok berwarna putih ketika menikah dengan Jesse Choi yang maknanya sangat mendalam (Dok. Instagram/Maudy Ayunda/iluminen)

Maudy Ayunda mengenakan pakaian hanbok berwarna putih ketika menikah dengan Jesse Choi yang maknanya sangat mendalam.

Suara.com - Pada Minggu (22/5/2022), Maudy Ayunda memberikan kabar baik tentang pernikahannya melalui akun Instagram pribadinya. Kabar tersebut tentunya berhasil mengejutkan para penggemar, apalagi terkait sosok sang suami yang berasal dari Korea Selatan.

Maudy Ayunda menikah dengan seorang entrepreneur bernama Jesse Choi yang tidak lain adalah sahabatnya sendiri ketika masih kuliah di Universitas Stanford. Bahkan, Jesse Choi juga membagikan kisah pertemuan pertamanya dengan Maudy Ayunda di akun Medium.

Acara pernikahan dikabarkan berlangsung di Indonesia dalam balutan tradisi Jawa, di mana Maudy mengenakan kebaya rancangan Eddy Betty. Walaupun begitu, melalui akun Instagram, Maudy juga membagikan fotonya saat memakai busana tradisional Korea, hanbok.

Setidaknya ada dua jenis pakaian hanbok yang dikenakan oleh Maudy, yakni bernuansa putih dan berwarna merah bata. Potret Maudy yang menawan bersama sang suami diabadikan oleh fotografer Fehry Fahrizal dan dibagikan melalui akun Instagramnya.

Baca Juga: Tiba-Tiba Jadi Orang Korea, Ucapan Teuku Wisnu untuk Maudy Ayunda Ramai Sorotan

Maudy Ayunda mengenakan pakaian hanbok berwarna putih ketika menikah dengan Jesse Choi yang maknanya sangat mendalam (Instagram/ferryfahrizal)
Maudy Ayunda mengenakan pakaian hanbok berwarna putih ketika menikah dengan Jesse Choi yang maknanya sangat mendalam (Instagram/ferryfahrizal)

"Happy wedding @maudyayunda," tulis Ferry Fahrizal.

Sementara itu, seperti yang dikutip dari Brides, pakaian hanbok ini memang menjadi karakteristik dari pengantin Korea. Setidaknya ada dua jenis pakaian hanbok yang dikenakan untuk pernikahan, yakni wonsam untuk momen formal serta sementara chima dan jeogori untuk nonformal.

Pada salah satu unggahannya, Maudy Ayunda tampak mengenakan pakaian hanbok yang berwarna putih yang ternyata maknanya begitu dalam.

Jika ditelisik dengan lebih jauh, pakaian hanbok yang berwarna putih ini lebih identik dengan pernikahan Korea pada masa sekarang. Sementara untuk hanbok yang dikenakan saat pernikahan pada masa lalu, memiliki warna yang lebih bervariasi.

Warna putih yang terdapat pada hanbok Maudy Ayunda termasuk ke dalam obangsaek, warna primer di budaya Korea. Bersama dengan warna primer lainnya seperti hitam dan biru, warna ini mewakili unsur alam.

Baca Juga: Inilah Bacaan Ijab Kabul Bahasa Inggris Seperti di Pernikahan Maudy Ayunda dan Jesse Choi

Selain itu, warna putih juga simbol dari asal mula sebuah cerita atau lebih luasnya, sebuah kehidupan. Hal ini sangat berkaitan erat dengan keinginan dari Maudy dan Jesse untuk memulai kehidupan rumah tangga yang baru.

Warna putih menjadi lambang dari kemurnian serta pengabdian yang besar kepada alam. Secara khusus, ketika digunakan pada hanbok, warna ini juga menunjukkan feminitas.

Berdasarkan sejarahnya, warna putih mewakili titik awal, asal usul, dan dasar kemanusiaan bagi orang Korea di masa lampau.

Hingga kini, penduduk di Negeri Gingseng ini percaya bahwa warna putih sebagai simbol kemurnian, kebersihan, kerendahan hati, dan penggunaannya menyiratkan pengabdian pada semua hal yang alami, murni, serta nondekoratif. Warna putih pada Hanbok pernikahan juga melambangkan feminitas. 

Sementara itu, pada masa Dinasti Joseon, warna putih ini melambangkan adanya kecerdasan dan  pengetahuan yang tinggi. Bahkan, sebagian besar pakaian yang dikenakan oleh cendekiawan saat itu berwarna putih. 

Komentar