facebook

Dear Pejuang SBMPTN, Begini Tips Agar Tenang Saat Kerjakan Soal UTBK

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati
Dear Pejuang SBMPTN, Begini Tips Agar Tenang Saat Kerjakan Soal UTBK
Ilustrasi UTBK-SBMPTN 2022. (Pixabay)

Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2022 akan masuk gelombang kedua pada 28 Mei 2022.

Suara.com - Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2022 akan masuk gelombang kedua pada 28 Mei 2022.

Bagi para pejuang SBMPTN, ujian ini tentu menjadi langkah penting untuk menuju kampus impian. Lantaran persaingannya cukup ketat, beberapa orang mungkin akan makin cemas saat mendekati hari ujian.

Untuk menghadapi itu sebenarnya tidak cukup hanya dengan belajar ekstra. Agar tetap tenang dan dapat berpikir jernih selama ujian, Ruang Guru punya beberapa tips hal yang bisa dilakukan para pejuang SBMPTN sebelum memulai ujian.

1. Tidur yang cukup dan berkualitas

Baca Juga: Jadwal Pengumuman UTBK SBMPTN 2022, Gelombang 1 Sudah Selesai Kapan Tahu Hasilnya?

Hindari begadang dan pastikan telah istirahat yang cukup saat malam sebelum ujian. Waktu tidur yang ideal bagi remaja sekitar 8-10 jam per hari.

Simak jadwal UTBK-SBMPTN 2022 berikut ini - Ilustrasi SBMPTN (pexels)
Ilustrasi SBMPTN-UTBK (pexels)

Hal ini menjadi penting karena tubuh dan otak yang telah mendapat tidur yang cukup juga akan berfungsi lebih maksimal.

2. Perhatikan asupan makanan

Menghadapi situasi ujian yang penuh persaingan, peserta UTBK dapat merasa cemas atau tertekan. Beberapa orang mungkin mempunyai kebiasaan makan berlebihan ketika merasa cemas, sementara yang lain justru mengurangi porsi makan secara drastis.

Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, khususnya pada hari-hari menjelang pelaksanaan UTBK. Tujuannya agar tetap nyaman dan sehat secara fisik serta lebih mudah fokus selama ujian.

Baca Juga: Viral Sender Bocorkan Soal UTBK SBMPTN 2022, Warganet Heran: Kok Bisa Foto?

3. Berhenti belajar satu jam sebelum ujian dimulai

Komentar