facebook

4 Alasan Anda Sering Terbangun di Malam Hari dalam Kondisi Lapar

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
4 Alasan Anda Sering Terbangun di Malam Hari dalam Kondisi Lapar
Ilustrasi Terbangun di Malam Hari dalam Kondisi Lapar. (Pexels)

Terbangun di jam 1 malam dan merasa kelaparan, apa penyebabnya, ya?

Suara.com - Sering bangun di tengah malam dengan perut keroncongan? Anda mungkin bertanya-tanya, apa penyebabnya?

Menurut Erin Hanlon, ahli saraf di University of Chicago, terbangun di tengah malam karena lapar menunjukkan adanya sesuatu yang tidak beres.

Ahli tidur Kristen L. Knutson, seorang profesor di Universitas Northwestern, setuju bahwa bangun di tengah malam dalam keadaan lapar adalah kondisi yang tidak biasa, karena jam biologis internal manusia tidak mengharapkan kita untuk makan pada saat ini.

Meski hal ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, tetapi penting untuk mencari tahu alasan di balik hal ini. Terlebih jika bangun di malam hari karena lapar telah menjadi kebiasaan.

Baca Juga: 3 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Ketika Menghadiri Jamuan Makan

Dilansir dari HuffPost, inilah 4 alasan mengapa rasa lapar membangunkan Anda di tengah malam.

1. Tidak cukup makan di siang hari

Jika Anda tidak mengonsumsi cukup kalori di siang hari, Anda mungkin terbangun dengan perut keroncongan di tengah malam.

"Jika Anda berdiet atau membatasi makanan dengan cara apa pun, seperti melewatkan makan atau berolahraga berlebihan, maka Anda mungkin tidak mengonsumsi cukup kalori," kata ahli diet terdaftar Alissa Rumsey, penulis "Unapologetic Eating."

Ingatlah bahwa setiap peningkatan atau perubahan dalam aktivitas fisik Anda — seperti, katakanlah, pelatihan untuk perlombaan atau memulai rutinitas olahraga baru — juga dapat berperan. Bergantung pada seberapa intens latihan ini, Anda mungkin perlu makan sedikit lebih banyak untuk mengisi bahan bakar dengan benar.

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Kenari untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Kesehatan Otak

2. Tidak cukup tidur

Komentar