facebook

5 Tips agar Pernikahan Bisa Bertahan Selamanya, Hingga Maut Memisahkan

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yulia Rosdiana Putri
5 Tips agar Pernikahan Bisa Bertahan Selamanya, Hingga Maut Memisahkan
ilustrasi pernikahan.[freepik.com/freepic.diller]

Berikut beberapa tips untuk menjalani pernikahan dengan baik dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama, bahkan selamanya.

Suara.com - Pernikahan memang bukanlah sebuah permainan yang bisa dinikmati ketika menyenangkan dan ditinggalkan saat terasa membosankan. Butuh perjuangan dan banyak pengorbanan dari kedua belah pihak jika ingin pernikahannya bertahan lama.

Dilansir dari laman Bestlife, setidaknya ada beberapa tips yang bisa dimulai dari sekarang, khususnya bagi pasangan yang baru saja menikah. Berhenti menunda-nunda sesuatu jika pernikahan adalah sesuatu yang Anda pertaruhkan.

Ilustrasi pernikahan (Freepik.com/freepic.diller)
Ilustrasi pernikahan (Freepik.com/freepic.diller)

Tips Pernikahan Bertahan Lama untuk Selamanya

1. Jangan Terlalu Optimis

Baca Juga: Tampil dalam Adegan Ms. Marvel, Ini Beberapa Budaya Pernikahan ala Pakistan

Memenuhi pernikahan Anda dengan banyaknya prasangka buruk terhadap pasangan dan banyak hal bukan sesuatu yang tepat. Tentu harus optimis dalam menghadapi realitas yang bisa saja terjadi, tapi cobalah untuk jangan terlalu optimis. Ada banyak hal yang bisa saja terjadi dan menyulitkan nantinya.

2. Belajar untuk Berjuang

Tidak ada yang bisa bertahan apalagi dalam waktu yang lama tanpa adanya perjuangan. Anda jangan berhenti berjuang hanya karena sudah menikah dengan pasangan impian. Pernikahan itu bukanlah sebuah tujuan akhir, melainkan justru perjalanan yang baru dimulai.

3. Mencoba untuk Egois

Jangan sampai salah paham, ini bukan berarti Anda diminta untuk bersikap egois setiap waktu. Namun, ada momen di mana Anda berhak untuk bersikap egois, terutama demi kepentingan sendiri. Hanya karena menikah, bukan berarti seluruh kehidupan Anda adalah milik dia sepenuhnya.

Baca Juga: Pengin Joget, Mempelai Wanita Duduk Lagi karena Diomelin Suami di Pelaminan

4. Melupakan Seks, Hanya Sesaat

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa salah satu kunci dari pernikahan awet adalah seks yang sehat. Namun Anda harus ingat bahwa seks bukanlah segala-galanya dan Anda tidak bisa menikah hanya karena ingin berhubungan seks dengan seseorang.

5. Berhenti Terlalu Empati

Empati kepada orang lain bisa jadi sebuah kewajiban tidak tertulis, namun beda halnya jika dilakukan terlalu sering. Begitu pula dengan apa yang dihadapi oleh pasangan. Cobalah untuk memberikan solusi yang nyata, bukan hanya ikut berempati. Dia adalah pasangan Anda, itu seharusnya lebih berharga.

Komentar