facebook

Ini 7 Kota di Dunia dengan Nama Terpanjang dan Sulit Dilafalkan, Nama Baru Bangkok Terdiri dari 168 Huruf

Rima Sekarani Imamun Nissa
Ini 7 Kota di Dunia dengan Nama Terpanjang dan Sulit Dilafalkan, Nama Baru Bangkok Terdiri dari 168 Huruf
Pemandangan Malam Kota Bangkok. (Pixabay/Tik_Pitak)

Bisakah Anda melafalkan nama-nama kota terpanjang dan sulit disebutkan di dunia berikut dengan benar?

Suara.com - Selain Krung Thep Mahanakhon, Ibu Kota Thailand, rupanya masih ada beberapa daftar nama kota panjang dan sulit disebutkan lainnya. Berikut akan dibahas tentang 7 kota di dunia dengan nama terpanjang dan sulit dilafalkan.

Tidak hanya Asia, beberapa kota dengan nama yang rumit juga terletak di Eropa. Salah satu di antaranya bahkan mengubah nama menjadi lebih panjang dan sulit disebutkan dengan tujuan menarik minat wisatawan.

Yuk, coba lafalkan nama-nama kota berikut untuk mengetahui keluwesan lidah Anda!

7 Kota di Dunia dengan Nama Terpanjang dan Sulit Dilafalkan

Baca Juga: 5 Film Thailand Paling Ditunggu Tahun 2022 Genre Romantis sampai Horor

Ilustrasi ciri khas negara Thailand (Pixabay/peggy_marco)
Ilustrasi ciri khas negara Thailand (Pixabay/peggy_marco)

1. Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit

Pada Februari 2022 lalu, Bangkok resmi berganti nama menjadi Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit atau yang akhirnya disingkat menjadi Krung Thep Mahanakhon.

Nama baru Bangkok ini sekaligus menjadikannya nama kota terpanjang dan paling sulit disebutkan di dunia karena terdiri dari 168 huruf. Arti nama baru Bangkok ini adalah Kota Besar Para Bidadari.

2. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch

Terletak di Wales, Inggris, Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch menjadi kota dengan nama panjang dan sulit dilafalkan yang terdiri dari 58 huruf. Untuk mempermudah penyebutannya, kota ini sering disingkat menjadi Llanfair PG.

Baca Juga: 5 Aktor Thailand Bergelar Magister, Walau Sibuk Pendidikan Tetap Nomor 1

Awalnya, kota ini bernama Llanfair Pwllgwyngyll, tapi pada 1860an resmi diperpanjang untuk menarik wisatawan. Arti dari Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch adalah Gereja St Mary di lembah hazel putih dekat pusaran air yang deras dan Gereja Saint Tysilio di gua merah.

3. Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea

Terdiri dari 39 huruf, Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea menjadi nama kota terpanjang ke-3 di dunia dan nomor 2 di Eropa setelah Llanfair Pwllgwyngyll. Arti dari nama ini adalah Bidang Rendah dari Pena Tinggi di Azpilicueta.

Ilustrasi sistem pendidikan di Finlandia (Shutterstock).
Ilustrasi sistem pendidikan di Finlandia (Shutterstock).

4. Ateritsiputeritsipuolilautatsijanka

Terletak di daerah rawa di Savukosk, Finlandia, Ateritsiputeritsipuolilautatsijanka merupakan kota yang sangat cantik dan patut dikunjungi. Pada 31 Januari 2020 lalu, kota ini dinobatkan sebagai nama terpanjang dalam anggota Uni Eropa.

5. Muckanaghederdauhaulia

Tersusun atas 23 huruf, kota dengan nama yang panjang ini terletak di Irlandia, tepatnya County Galway. Muckanaghederdauhaulia memiliki luas wilayah sekitar 503 hektar dan termasuk dalam deretan kota dengan nama yang sulit disebutkan.

6. Svalbarðsstrandarhreppur

Kota terpanjang selanjutnya, Svalbarðsstrandarhreppur terletak di Provnsi Norðurland eyestra, Islandia. Dengan luas wilayah 7,5 km2 saja, kota ini hanya dihuni 414 orang karena keberadaannya pun ada di celah teluk sempit Islandia.

7. Parangaricutirimicuaro

Kota kecil dengan nama yang sukar disebutkan ini berada di Meksiko. Parangaricutirimicuaro juga dikenal dengan nama Nuevo San Juan Parangaricutiro. Berjarak 23 kilometer dari pusat kota Meksiko, Parangaricutirimicuaro memiliki gunung api bernama Paricutin.

Itulah 7 kota di dunia dengan nama terpanjang dan sulit dilafalkan. Bagaimana menurut Anda?

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar