facebook

Terungkap! Ternyata Pramugari dan Awak Kabin Miliki Ruang Rahasia di Pesawat

Rima Sekarani Imamun Nissa | Hiromi Kyuna
Terungkap! Ternyata Pramugari dan Awak Kabin Miliki Ruang Rahasia di Pesawat
Ilustrasi kabin pesawat. (Pixabay/Stock Snap)

Siapa sangka terdapat ruang rahasia yang biasa digunakan oleh para awak kabin dan pramugari.

Suara.com - Siapa sangka, sebuah pesawat juga memiliki ruang rahasia yang biasa digunakan oleh para pramugari. Tak banyak orang yang mengetahui tentang ruang rahasia tersebut.

Melansir dari The Sun, pesawat berbadan lebar dan besar untuk penerbangan jarak jauh seringkali memiliki banyak penumpang dan awak. Penerbangan yang lama juga membuat para awak dan pramugari membutuhkan tempat untuk beristirahat.

Tak heran, pesawan-pesawat yang besar biasanya dilengkapi dengan kompartemen untuk kru beristirahat. Rupanya ada tempat terpisah untuk pilot dan anggota awak lainnya.

Lokasi kompartemen ini biasanya berada di atas kabin utama. Hal ini berlaku pada pesawat yang lebih baru, termasuk Boeing 787 atau Airbus A350.

Baca Juga: Keuangan Garuda Diujung Tanduk Gegara Utang, Suntikan PMN Rp7,5 Triliun Kapan Cair?

Meski demikian, lokasi kompartemen ini bisa berbeda-beda, tergantung jenis pesawatnya. Bisa jadi kompartemen ini berada di kabin utama atau di ruang kargo.

Ilustrasi pramugari sedang bertugas (pixabay)
Ilustrasi pramugari sedang bertugas (pixabay)

Pada pesawat yang lebih tua, kompartemennya berupa kursi yang dapat direbahkan dengan tirai tebal besar dan menutupinya di bagian belakang pesawat. Ruang pilot biasanya terletak di atas kokpit dan terkadang memiliki opsi hiburan dalam penerbangan, yang tidak dimiliki kabin awak umum.

Administrasi Penerbangan Federal menentukan parameter kompartemen, tetapi maskapai penerbangan bisa memiliki masukan dalam konfigurasi ruang ketika mereka membeli pesawat.

Administrasi Penerbangan Federal mengharuskan kompartemen ditempatkan di tempat yang minim kebisingan, bau, dan getaran yang mengganggu.

Kompartemen juga harus dikontrol suhu dan memiliki pencahayaan yang dapat disesuaikan. Penumpang juga tidak dapat mengakses tempat istirahat khusus kru ini.

Baca Juga: Jet Tempur TNI AU Paksa Daratkan Pesawat Asing di Lanud Soewondo Medan

Meski demikian, Anda tetap bisa menemukan ruang rahasia ini. Carilah pintu di bagian depan atau belakang pesawat yang tidak digunakan. Ruang rahasia tempat beristirahat para awak sangat mungkin terletak di bagian tersebut.

Komentar