facebook

Deretan Situs Bersejarah di Indonesia Jadi Tempat Konser: Ada Candi Prambanan

Agatha Vidya Nariswari
Deretan Situs Bersejarah di Indonesia Jadi Tempat Konser: Ada Candi Prambanan
Hari Pertama Prambanan Jazz 2022 (Instagram)

Situs bersejarah Indonesia punya area yang luas sehingga cocok digunakan untuk pagelaran musik.

Suara.com - Konser musik biasanya identik digelar di panggung megah atau lapangan besar. Namun lokasi konser kini tak hanya terpaku diadakan di dua tempat itu. Pasalnya pertunjukan masa kini sudah bisa dilakukan di mana saja seperti di hutan, lereng gunung bahkan tempat bersejarah. 

Salah satu paling menarik adaah konser yang diadakan di situs bersejarah. Yuk intip langsung deretan situs bersejarah di Indonesia jadi tempat konser berikut ini.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur punya kawasan yang luas sehingga sangat mendukung untuk menjadi tempat pelaksanaan pertunjukan musik. Beberapa acara konser pun telah dilakukan di area Candi Borobudur seperti konser peluncuran sebuah produk ponsel hingga acara Borobudur Symphony pada November 2018 lalu.

Baca Juga: Animo Tinggi, Sejumlah Penonton Kehabisan Tiket di Hari Kedua Gelaran Prambanan Jazz

Diketahui Borobudur Symphony adalah pagelaran musik bertaraf Internasional yang digelar untuk pertama kalinya di pelataran Candi Borobudur. Pagelaran musik ini merupakan upaya sinergi jangka panjang BUMN dalam memperkenalkan dunia pariwisata Indonesia ke tingkat Internasional. 

Acara tersebut menjadi sebuah alternatif seni pertunjukan musik untuk menampilkan keindahan dan budaya lokal Candi Borobudur. Ketika itu Borobudur Symphony menampilkan diva internasional Mariah Carey. 

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan terdiri dari kompleks percandian yang luas sehingga kerap digunakan sebagai tempat konser musik. Sejak beberapa tahun terakhir, sudah ada berbagai acara yang diselenggarakan di candi yang terletak di Jogja tersebut salah satu acara rutin yang digelar di sana yakni Prambanan Jazz.

Prambanan Jazz merupakan festival musik tahunan yang diadakan oleh Rajawali Indonesia Communication. Tahun ini menjadi kali ke-6 acara tersebut digelar di kawasan Candi Prambanan. Setidaknya ada puluhan musisi yang tampil pada setiap tahunnya, sebut saja pada 2018 lalu ada Boyzone yang memeriahkan Prambanan Jazz.

Baca Juga: Lantunkan Mendung Tanpo Udan, Kukuh Kudamai dan Ndarboy Genk Ajak Ngambyar Bareng di Prambanan Jazz

3. Pabrik Gula De Tjolomadoe

De Tjolomadoe merupakan nama pabrik gula yang berada di Karanganyar, Surakarta, Jawa Tengah. Diketahui sejak tahun 1998, pabrik gula ini berhenti beroperasi hingga akhirnya dilakukan revitalisasi dengan tetap mempertahankan nilai dan kekayaan sejarah yang ada.

Kekinian, bekas pabrik gula itu menjelma menjadi tempat bersejarah dan digunakan untuk manfaat komersil. Dalam rangka peresmiannya De Tjolomadoe saat itu digelar sebuah konser internasional yang menghadirkan David Foster.

Ketika itu David Foster sukses mencatat sejarah dengan menggelar konser pertama kali di De Tjolomadoe. Dalam konser itu, ia berhasil menghibur tiga ribu penonton bersama para penampil  lain seperti Brian McKnight, Anggun, Dira Sugandi, Sandhy Sondoro, dan Yura.

Itulah 3 situs bersejarah yang pernah jadi tempat konser. Apakah kalian pernah menonton konser di salah satu situs bersejarah?

Kontributor : Trias Rohmadoni

Komentar