facebook

Usung Konsep Sport Tourism, Yuk Ikut Lomba Lari di Pinggir Sungai Mahakam

Bimo Aria Fundrika
Usung Konsep Sport Tourism, Yuk Ikut Lomba Lari di Pinggir Sungai Mahakam
Ilustrasi lari. (Pexels/Mentatdgt/funcrevidn)

Selain itu, Sungai Mahakam menjadi representasi yang menghubungkan berbagai daerah di Kalimantan Timur.

Suara.com - Sungai Mahakam terkenal sebagai ikon geografis Kalimantan Timur. Dengan panjang sekitar 920 km, sungai ini merupakan yang terbesar di Kalimantan Timur.

Selain itu, Sungai Mahakam menjadi representasi yang menghubungkan berbagai daerah di Kalimantan Timur. Berbagai aktivitas mulai dari rutinitas kegiatan warga, pariwisata, kuliner, hingga olahraga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berkunjung.

Hal itulah yang menginspirasi Waketum DPP Partai Golkar dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian untuk menggelar event Mahakam 10K 2022 di sekitar jembatan sungai Mahakam, Samarinda.

“Olahraga lari sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang senang lari, apalagi kalau melintasi area yang memanjakan mata. Di pinggiran Sungai Mahakam, banyak spot yang menarik, salah satunya jembatan Mahakam. Nah, kami pilih event Mahakam 10K 2022 karena dengan adanya pandemi Covid-19 kemarin masyarakat sudah rindu akan aktivitas outdoor yang menyehatkan, selain tubuh menjadi bugar, masyarakat juga bisa mengenal lebih jauh tentang Sungai Mahakam,” jelas Hetifah Sjaifudian, dalam keterangannya, Senin, (4/7/2022).

Baca Juga: Bobby Nasution: Ingat, Kerja Keras Tidak Akan Mengkianati Hasil

Susur Sungai Mahakam menggunakan kapal wisata. [Istimewa]
Susur Sungai Mahakam menggunakan kapal wisata. [Istimewa]

Hetifah menambahkan, lomba lari bertaraf nasional yang terbuka untuk umum ini sengaja diselenggarakan pada Agustus agar peserta punya semangat kemerdekaan saat mengikuti lomba lari ini.

“Yuk kita sambut perayaan hari Kemerdekaan Indonesia dengan semangat berolahraga. Dengan adanya Ibukota Nusantara, sudah selayaknya masyarakat dari berbagai kalangan termasuk pelajar dan teman-teman disabilitas ikut menyemarakkan kegiatan ini. Kita tunjukkan pada dunia bahwa Kalimantan Timur siap menjadi pusat peradaban baru Indonesia,” ujar Hetifah.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Mahakam 10K, Siswanda H. Sumarto menyebutkan, di tepian Sungai Mahakam terdapat jalur lintasan yang sering dipakai warga untuk jalan-jalan santai dan olahraga. Jadi, lintasannya memang cocok untuk lomba lari.

“Kami mengutamakan konsep sport tourism untuk event lomba lari ini. Alasannya sederhana, Sungai Mahakam dan umumnya Kalimantan Timur punya beberapa objek wisata menarik, tapi masih banyak orang di Indonesia belum mengenalnya. Di sekitar Mahakam juga, setiap hari ada saja orang senang olahraga lari. Jadi, sangat cocok kalau pengenalan potensi wisata di Mahakam melalui penyelenggaraan lomba lari.” Kata Siswanda.

Mahakam 10K 2022 akan menjadi agenda olahraga tahunan agar masyarakat luas akan lebih tahu daya tarik tersembunyi di sekitar sungai Mahakam.

Baca Juga: 6 Penyebab Nyeri Punggung yang Perlu Kamu Ketahui

Komentar