facebook

Pikir Dua Kali Sebelum Curhat di Medsos, Ini Bahayanya!

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Pikir Dua Kali Sebelum Curhat di Medsos, Ini Bahayanya!
Ilustrasi curhat di media sosial. (Pixabay.com)

Curhatanmu sebenarnya bisa dianggap sebagai data pribadi yang perlu dijaga dan dilindungi.

Suara.com - Banyak orang menjadikan media sosial (medsos) sebagai ajang eksistensi. Namun, tidak sedikit juga yang kerap curhat atau mencurahkan isi hatinya di medsos untuk mencari perhatian.

Jika kamu termasuk orang yang suka curhat di medsos, kali ini pikir dua kali sebelum melakukannya. Curhatanmu sebenarnya bisa dianggap sebagai data pribadi yang perlu dijaga dan dilindungi.

"Jaga privacy, bukan cuma tentang data pribadi, tapi jangan curhat berlebihan, jangan semua hal diceritakan," demikian dikatakan Pendiri Organisasi NTT Muda, Stelanau, dalam acara Festival Pelajar Pancasila beberapa waktu lalu.

Menurut Stelanu, curhat di media sosial sebaiknya tidak dilakukan, karena seperti di muka umum, ada beragam karakter dan sifat orang di media sosial. Tidak semua orang di media sosial bisa dipercaya, dan perlu diwaspadai.

Baca Juga: Segera Cek! Ini 4 Hoax Tentang Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu!

"Kita tidak pernah tahu di media sosial itu ada siapa dan teman teman kita seperti apa. Jaga keamanan akun termasuk jangan curhat di media sosial," terangnya.

Selain itu, jaga juga keamanan akun, mencegah penyusup atau hacking juga perlu diperhatikan dengan melakukan double verification atau verifikasi dua langkah.

Verifikasi dua langkah juga penting, untuk menjaga teman atau sahabat terdekat yang saling mengikuti di media sosial atau platform lainnya.

"Untuk melatih temen temen untuk menjaga kerahasiaan komunikasi temen temen dengan temen temen yang lain, jangan asal klik link sembarangan, karena itu berbahaya," tutup Stelanau.

Baca Juga: Heboh Raisa Istighfar Usai Isi BBM di SPBU yang Tagihan Tembus Jutaan, Publik: Curiga Punya Bisnis Bensin Eceran

Komentar