facebook

5 Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet, Nomor 3 Berguna Banget!

Ruth Meliana Dwi Indriani
5 Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet, Nomor 3 Berguna Banget!
Ilustrasi cara simpan daging kurban di kulkas (Elemen Envato)

Jelang hari Raya Idul Adha, banyak nih yang bakal dapat daging kurban. Begini cara menyimpan daging kurban jika tidak mau langsung mengolahnya.

Suara.com - Dalam waktu dekat umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha yang identik dengan penyembelihan hewan ternak untuk dikurbankan. Setelah disembelih dan dipotong, daging kurban pun akan dibagikan ke masyarakat.

Namun kebanyakan orang penerima daging kurban tidak langsung mengolahnya karena ada yang memasak sebagian dan sisanya disimpan. Jika kalian termasuk salah satu masyarakat yang tidak ingin memasak daging kurban itu, maka boleh dicoba beberapa cara menyimpan daging kurban agar awet berikut ini. 

1. Jangan Cuci Daging

Cara menyimpan daging kurban agar awet yang pertama adalah jangan mencuci daging itu sebelum disimpan. Pasalnya mencuci daging sapi maupun daging kambing hanya akan menambahkan kandungan air pada daging tersebut.

Baca Juga: Pemprov DKI Pusatkan Salat Idul Adha di JIS, Khatib KH Syukron Ma'mun dan Imam KH Muhammad Ali

Walau begitu kalian tetap harus membersihkan terlebih dahulu daging mentah yang akan disimpan dari kotoran-kotoran yang menempel di daging.

Hal itu dapat dilakukan dengan cara menggunakan lap kering atau tisu dapur dan tekan ke seluruh bagian daging. Sehingga daging tidak perlu dicuci air besih ketika disampan khususnya dalam waktu yang cukup lama.

Setelahnya daging yang sudah bersih dapat dikemas dalam plastik wrap hingga benar-benar tertutup. Lalu daging dalam kemasan itu bisa disimpan dalam kulkas atau freezer.

2. Potong Kecil Daging Sebelum Disimpan

Ada baiknya daging sapi ataupun kambing dipotong kecil-kecil dulu sebelum disimpan. Dengan memotong daging menjadi lebih kecil, maka dapat memudahkan kalian mencairkannya saat dikeluarkan dari freezer.

Baca Juga: 6 Aplikasi Idul Adha, Mulai dari Panduan Doa hingga Kartu Ucapan

Selain itu, potongan-potongan kecil daging mentah ini akan meminimalkan kontak daging lain yang belum akan diolah dengan tangan yang mungkin saja terkontaminasi.

3. Bumbui Terlebih Dahulu

Cara menyimpan daging kurban agar awet adalah dengan merendamnya dengan bumbu terlebih dulu. Hal ini karena merendam daging bisa membuatnya menjadi lebih empuk dan beraroma.

Bumbu-bumbu itu diharapkan dapat menyerap dan membuat rasa daging menjadi lebih baik. Walau banyak variasi resep bumbu marinate yang ditemuka, resep dasarnya bias terdiri dari garam, minyak, perasa dan asam.

4. Simpan Dalam Wadah Tertutup di Freezer

Daging kurban yang masih mentah sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup, lalu dimasukkan ke dalam freezer. Pasalnya dengan temperatur dingin, mikroorganisme pembusuk tidak aktif sehingga daging kurban tidak mudah rusak jika disimpan.

Apabila cara pembekuan dan penyimpanan daging kurban benar, maka kerusakan warna, aroma dan sari minyak akan lebih kecil. 

5. Jangan Dicairkan Atau Disimpan di Suhu Ruangan

Daging mentah seperti sapi, kambing dan ayam lebih baik jika tidak disimpan terlalu lama di suhu ruangan. Terlebih jika daging hanya diletakkan di sembarang tempat.

Selain jangan disimpan di suhu ruangan, hindari juga mencairkan daging kurban mentah di suhu ruangan setelah diambil dari freezer. Hal ini disebabkan karena daging yang sudah bersentuhan dengan udara luar akan mulai bereaksi terhadap bakteri.

Adapun solusinya bisa memindahkan daging kurban ke chiller terlebih dahulu. Cara ini untuk membuat daging mencair tanpa kehilangan suhu dinginnya.

Itulah 5 cara menyimpan daging kurban agar awet. Adakah dari kelima cara tersebut yang sudah kalian terapkan?

Kontributor : Trias Rohmadoni

Komentar