facebook

Punya Skor Kredit Buruk? Segera Perbaiki dengan 3 Cara Ini!

Vania Rossa
Punya Skor Kredit Buruk? Segera Perbaiki dengan 3 Cara Ini!
Ilustrasi kredit skor. [Shutterstock]

Skor kredit menjadi salah satu pertimbangan ketika mengajukan permohonan kredit.

Suara.com - Tren jumlah rekening kredit perbankan kian meningkat hingga Maret 2022. Hal ini menunjukkan tanda-tanda perbaikan akses terhadap layanan keuangan dari bank. Seiring dengan pemulihan ekonomi, permintaan terhadap kredit juga ikut bangkit.

Namun, tentu saja sebelum menyetujui pengajuan pinjaman dari seorang debitur, pihak bank perlu mempertimbangkan skor kredit dari masing-masing para debitur. Lantas bagaimana jika skor kredit Anda buruk?

Skor kredit merupakan sistem penilaian kredit yang diberikan Lembaga Pengelola Informasi Kredit (LPIP) kepada nasabah untuk memudahkan bank atau jasa penyedia kredit lainnya dalam menyeleksi kemampuan calon nasabah melunasi pinjaman yang diberikan. Perhitungan skor menggunakan data kredit yang salah satunya diperoleh dari Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menjadi sumber data kredit LPIP.

“Skor kredit menjadi salah satu pertimbangan ketika mengajukan permohonan kredit. Jika skor kredit baik, semakin besar kemungkinan pengajuan kredit diterima, namun jika skor kredit buruk, masih ada kesempatan untuk diperbaiki,” jelas Direktur Utama IdScore, Yohanes Arts Abimanyu.

Baca Juga: Kredit Tambang Batu Bara BNI Panen Kritik, Mucharom: Cuma 3,23 Persen dari Total

Perlu diketahui, IdScore adalah LPIP yang menyediakan platform untuk mengetahui informasi skor kredit yang dapat diakses melalui website www.myidscore.id.

Beberapa hal yang membuat skor kredit atau credit scoring Anda buruk di antaranya terlambat bayar tagihan, memiliki tunggakan kredit yang menumpuk, atau menggunakan kartu kredit melebihi limit yang ditentukan.

Namun jangan khawatir, skor buruk masih bisa diperbaiki. Ikuti tips IdScore untuk memperbaiki skor kredit yang buruk berikut ini:

1. Perhatikan Jatuh Tempo Tagihan

Dalam mengajukan kredit, ada waktu tertentu di mana cicilan harus dibayar sebelum jatuh tempo. Hal tersebut guna menghindari penilaian kredit yang buruk.

Baca Juga: BNI Klarifikasi Isu Kredit Tanpa Jaminan: Ada yang Bikin Hoaks Demi Keuntungan

“Tagihan yang dibayar tepat waktu tidak hanya membantu pihak bank, melainkan juga debitur. Riwayat kredit yang baik berpengaruh pada skor kredit. Ini memudahkan debitur jika ingin mengajukan kredit di kemudian hari,” ujar Abimanyu.

Komentar