facebook

Bukan Disikat! Begini Cara Tepat Membersihkan Kotoran Membandel agar Toilet Awet dan Terawat

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Bukan Disikat! Begini Cara Tepat Membersihkan Kotoran Membandel agar Toilet Awet dan Terawat
Ilustrasi toilet kotor [elements.envato]

Menyikat noda membandel yang bersarang di toilet ternyata bukan tindakan yang tepat!

Suara.com - Menyikat noda membandel yang bersarang di toilet ternyata bukan tindakan yang tepat! Menyikat disebut akan merusak lapisan dari toilet, yang membuat lapisan toilet malah rusak dan terkelupas.

Alih-alih disikat, Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia - Arfindi Batubara menyebut baiknya membersihkan toilet dengan air atau kain yang dibasahi lalu diusap atau digosok dengan lap sampai noda hilang.

"Tapi untuk langkah ini, satu yang pasti jangan biarkan kotoran terlalu lama menempel, karena akan jadi keras dan membutuhkan sikat," ungkap Arfindi saat peluncuran program Toilet untuk Indonesia di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (7/7/2022).

Menurut Arfindi, membersihkan kotoran yang menempel pada toilet akan lebih mudah saat sebelum kering atau terlalu lama, karena dengan disiram atau disemprot dengan air, kotoran akan menghilang.

Baca Juga: Garuda Indonesia Bimbing Jemaah Calon Haji Cara Cebok Pakai Tissu di Pesawat

"Lebih baik langsung disiram pakai air akan hilang dan itu akan membuat toilet jadi lebih awet, jika sudah menempel selama lebih dari delapan jam itu mau gak mau harus disikat," jelasnya.

Cara ini juga meminimalisir penggunaan bahan kimia aktif atau bahan kimia keras karena beberapa produk ada yang justru perlahan akan merusak toilet, dan ini sangat tidak disarankan.

"Karena jika menggunakan chemical saya tidak tahu apakah itu kimia yang ramah lingkungan atau tidak. Saya tidak tahu isinya apa karena kimia itu ada yang berbahaya dan ada yang tidak," terang Arfindi.

Komentar