7 Tempat Wisata di Wonosobo, Bukan Cuma Dieng

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Tempat Wisata di Wonosobo, Bukan Cuma Dieng
Suasana Objek Wisata Candi Arjuna Dieng, Banjarnegara, Minggu (13/3/2022). [Suara.com /Citra Ningsih]

Tak hanya Dieng, Wonosobo menyimpan berbagai wisata alam yang mengagumkan lainnya.

Suara.com - Jika membicarakan wisata di Wonosobo, Dieng atau Gunung Prau mungkin akan yang muncul pertama kali di benak banyak orang. Padahal, salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga memiliki tempat wisata lain yang tidak kalah menarik.

Keindahan alam di Wonosobo memang menjadi salah satu kunci tempat wisata yang ada, mulai dari pegunungan, curug, sampai perkebunan, semua ada di Wonosobo.

Jika memiliki kesempatan datang ke sana, jangan lupa untuk mampir ke beberapa tempat wisata di Wonosobo yang hits berikut!

Kompleks Kawasan Candi Arjuna Dieng, Banjarnegara sudah dipasangi larangan menaiki Candi.[Suara.com/Citra Ningsih]
Kompleks Kawasan Candi Arjuna Dieng, Banjarnegara sudah dipasangi larangan menaiki Candi.[Suara.com/Citra Ningsih]

Agrowisata Tambi

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Medan yang Asyik Buat Sekeluarga

Di Agrowisata Tambi, sejauh mata memandang kamu akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang menawan. Tidak hanya pemandangan saha, udara di sana pun sangat sejuk, suhunya bisa mencapai 15 derajat celcius.

Lubang Sewu

Tidak perlu jauh-jauh sampa Amerika, di Wonosobo ada Lubang Sewu yang menyuguhkan pemandangan layaknya Green Canyon. Gunungan batuan yang tersusun rapi di sisi sungai yang bersih ini tentu menarik para wisatawan. 

Letak Lubang Sewu tidak jauh dari Waduk Wadaslintang, jadi sekali ke sana, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus.

Curug Winong Kaliwiro

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Taiwan, dari Wisata Alam, Religi, hingga Sejarah

Ingin menikmati segarnya air dari sumber alami? Curug Winong Kaliwiro di Wonosobo bisa jadi jawabannya. Meski harus trekking dengan jalanan yang cukup terjal untuk mencapainya, pemandangan yang ada akan membayar segala kelelahan itu.

Air curug yang segar akan berpadu sempurna dengan bebatuan hitam serta pepohonan hijau di sekitarnya.

Gunung Lanang

Jika kamu ingin menikmati hamparan alam Wonosobo dari ketinggian, tapi terlalu mager mendaki Gunung Prau, Gunung Lanang dengan ketinggian 600 mdpl ini bisa dijadikan solusi. 

Panorama menakjubkan akan semakin terasa indah dengan angin sejuk yang berembus di ketinggian. Gunung Lanang cocok untuk kamu yang ingin mulai mencoba mendaki.

Telaga Warna

Wisata di Wonosobo selanjutnya adalah Telaga Warna. Meski sudah lama buka, tempat satu ini tidak pernah kehilangan popularitasnya. 

Daya tarik utama Telaga Warna adalah air danaunya yang berubah-ubah. Pada satu waktu kamu mungkin melihat air danau berwarna hijau, lalu berubah menjadi biru, atau bahkan pelangi.

Hanya saja, hindari untuk berkunjung di sore hari karena akan ada kabut belerang yang menutupi pemandangan.

Kompleks Candi Arjuna

Tidak hanya wisata alam, Wonosobo juga menyimpan wisata bersejarah, salah satunya Candi Arjuna. Candi yang bercorak agama Hindu ini telah berdiri sejak abad ke tujuh. 

Tidak hanya satu candi, di sekitar bangunan utama Candi Arjuna juga terdapat arca relief yang membuat tempat ini terasa seperti di India.

Arung Jeram Serayu

Wisata di Wonosobo satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menantang adrenalin. Di Arung Jeram Serayu, kamu akan diajak rafting mengarungi sungai sepanjang kurang lebih 14 km. Sepanjang susur sungai, kamu akan disuguhkan pemandangan yang tidak kalah menakjubkan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar