Buya Yahya Angkat Suara Inara Rusli Buka Cadar Depan Media: Semoga Allah Ampuni Dia

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Buya Yahya Angkat Suara Inara Rusli Buka Cadar Depan Media: Semoga Allah Ampuni Dia
Inara Rusli [Instagram @renieffendi24]

Buya Yahya pun kemudian mendoakan agar istri musisi Virgoun tersebut mendapatkan ampunan dari Allah.

Suara.com - Ulama Buya Yahya ikut beri komentar tentang aksi Inara Rusli yang buka cadar di hadapan media beberapa waktu lalu. Buya Yahya mengatakan dirinya tidak mempermasalahkan keputusan Inara untuk membuka cadar. 

Tetapi, ia mempertanyakan kenapa proses buka cadar tersebut harus dilakukan di depan publik. Buya Yahya pun kemudian mendoakan agar istri musisi Virgoun tersebut mendapatkan ampunan dari Allah.

"Pada dasarnya secara hukum kalau dia seorang pernah memakai cadar lalu dia ingin memutuskan tidak pakai cadar, wajar, enggak ada masalah. Cuma kenapa sampai dimediakan, itu bertujuan untuk apa? Ya kita doakan semoga Allah mengampuninya, mungkin dia tidak mengerti," ujarnya dikutip dari video di kanal YouTube Buya Yahya, Jumat (26/5/2023).

Ulama bernama lengkap KH Yahya Zainul Ma'arif itu mengingatkan kalau ucapan orang lain memang bisa saja mempengaruhi keputusan perempuan dalam menutup aurat. 

Baca Juga: Usai Bercerai dari Virgoun, Inara Rusli Unggah Potret Lepas Hijab

"Kadang ada ucapan menghancurkan, misalnya lebih cantik dibuka daripada kamu bercadar, itu menghancurkan juga lho," imbuhnya.

Oleh sebab itu, Buya Yahya memberikan nasihat agar setiap orang sebaiknya menjaga ucapannya. Ia juga mengingatkan kepada perempuan yang memakai cadar maupun tidak untuk jangan saling mencibir atau merasa yang paling mulia. 

Buya Yahya memgaku kalau dirinya memang tidak kenal dengan Inara Rusli. Sehingga, ia pun belum paham alasan tindakan yang dilakukan ibu tiga anak tersebut untuk melepas cadar dihadapan media.

"Saya tidak kenal dia kok, nanti saya salah ngomong, salah dosa lagi. Harapan Buya adalah berarti semenjak dia pakai cadar semoga Allah telah mengangkat derajatnya. Kemudian setelah dia buka cadar karena dia pernah menutup dengan cadarnya semoga Allah tetap menjaganya," ucap Buya Yahya.

Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah di Cirebon itu juga mendoakam Inara Rusli yang sedang dalam proses cerai dengan Virgoun agar nantinya bisa mendapatkan suami yang lebih mulia. Begitu lula sebaliknya. 

Baca Juga: Komentar Lucu Inara Rusli Disebut Istri Desta Disela Sidang Cerai dengan Virgoun

 Sebagaimana diketahui, Inara Rusli mengambil langkah mengejutkan di tengah proses perceraian dari Virgoun. Dengan dalih untuk menafkahi anak-anak, Inara Rusli memutuskan membuka cadar dan menampilkan lagi paras cantiknya ke publik.