Bajafash 2023, Perhelatan Internasional yang Memadukan Keindahan Musik Zazz dan Fashion Akan Kembali Digelar

Batam Jazz & Fashion 2023 akan hadir pada 28-29 Juli 2023 di Panbil Eco Edupark, menampilkan sejumlah musisi internasional dan nasional terkemuka.

Dinda Rachmawati
Sabtu, 10 Juni 2023 | 09:07 WIB
Bajafash 2023, Perhelatan Internasional yang Memadukan Keindahan Musik Zazz dan Fashion Akan Kembali Digelar
Perhelatan internasional yang memadukan keindahan musik jazz dan fashion, Bajafash kembali digelarĀ (Dok. Istimewa)

Suara.com - Perhelatan internasional yang memadukan keindahan musik jazz dan fashion, Bajafash kembali digelar di Batam tahun ini. Batam Jazz & Fashion 2023 akan hadir pada 28-29 Juli 2023 di Panbil Eco Edupark, menampilkan sejumlah musisi internasional dan nasional terkemuka.

Seperti Sheila Majid, Maliq & D’Essentials, Rio Moreno feat. Rudi Djoe, Soukma & Weixiang Tan, Dua Empat feat Hansen Arif & Joshua Alexander, Littlefingers, Lightcraft, Tanayu, Roadroots, Kangakubawa, Flatnine Quintet dan deretan musisi lain serta penampilan apik karya desainer tersohor Indonesia kolaborasi bersama Indonesia Fashion Chamber (IFC), hingga koleksi Corrie Kastubi dan Beda-Beda Batik.

Bajafash 2023 menjadi ajang yang istimewa, tak hanya menandai bangkitnya Bajafash dari tidur panjang, namun juga upaya estafet tongkat kepada generasi selanjutnya, demi melahirkan ide-ide kreatif yang terus relevan dengan perkembangan musik jazz dan mode fashion yang selaras dengan masa kini untuk terus menghidupkan Bajafash agar tetap menyala.

Indina Putri Fadjar, Founder & Advisor Bajafash menuturkan, Bajafash kembali hadir pada 2023 ini dengan mengusung tema ‘Time to Emerge’. Tema ini diyakini sepadan menggambarkan kemunculan Bajafash melalui tangan-tangan generasi baru. 

Baca Juga:Pusat Hindroponik di Batam Didatangi Wapres Maruf Amin

"Ini dapat mewujudkan visi kreativitas kolaboratif yang berkelanjutan dengan bahasa global untuk memberikan upaya terbaik bagi perkembangan musik jazz dan fashion, serta lebih luas lagi bagi masyarakat dan lingkungan Kota Batam," ujar dia. 

Yasser Hadeka Daniel, CEO Simplemind Communications yang tahun ini dipercaya mengampu seluruh pelaksanaan agenda Bajafash mengatakan jika acara ini memiliki tujuan yang utama salah satunya menjadikan Bajafash sebagai agenda hiburan ikonik yang dapat memberikan value positif bagi Kota Batam di mata nasional dan internasional. 

Karenanya, kata dia penting bagi Bajafash untuk tetap setia pada pemilihan line up yang selaras dengan gairah jazz seperti Sheila Majid, hingga Maliq & D’Essentials namun juga berikan kesempatan bagi nama-nama musisi non-jazz untuk tampil menawarkan rasa dan suguhan yang berbeda bagi pengunjung.

“Tak hanya itu, Bajafash 2023 juga berupaya mewujudkan tema Time to Emerge dalam berbagai lini secara nyata, seperti menghadirkan tim Bajafash Waste Control untuk memastikan sampah dapat teregulasi dengan baik sehingga kebersihan area Bajafash terjaga, menjadikan pengunjung merasa nyaman dan lingkungan Panbil Eco Edupark tetap asri,” tutur Yasser.

Upaya Bajafash untuk aksi ramah lingkungan secara konkret juga hadir melalui acuan konsep bagi para desainer untuk tidak menggunakan bahan polyester dalam koleksi rancangan yang akan tampil di runway Bajafash. Sehingga lebih minim efek bagi ekosistem lingkungan.

Baca Juga:KPK Geledah Aset Andhi Pramono di Batam: Tiga Mobil Mewah Disita Penyidik

Pelaksanaan Bajafash akan memaksimalkan Semar Stage sebagai panggung utama Bajafash pada 28-29 Juli 2023 serta area Artrium Panbil Eco Edupark untuk deretan fashion bazaar dan hasil UMKM Kota Batam yang dimulai pada tanggal 27-30 Juli 2023.

Pemerintah Kota Batam tak luput memberikan perhatian pada pelaksanaan Bajafash 2023. Drs. Ardiwinata, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam menyampaikan dukungannya.

Bajafash, kata dia diusung sebagai salah satu atraksi buatan dan atraksi alam yang menjadi bagian dari konsep pariwisata, yang dapat memberikan pengalaman baru bagi wisatawan baik internasional maupun lokal untuk menikmati Kota Batam.

“Bajafash membuktikan bahwa Batam memiliki potensi keunggulan yang dapat ditawarkan, membuka keran pariwisata kreatif, terlebih mengingat aktivitas wisata optimal memiliki peran bagi kenaikan jumlah Produk Domestic Bruto (PDB) dan tentunya penyumbang devisa, juga membantu persona Kota Batam sebagai prioritas destinasi investasi yang kondusif," tutupnya.

Penjualan tiket early bird Bajafash 2023 akan dibuka pada tanggal 9-16 Juni 2023, bisa didapatkan melalui platform yesplease.com dan beberapa ticket box luring diantaranya di Best Western Panbil, Ishoo Coffee Premium, Anchor, Kopi Boemi, Labers dan Rimbun.

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

LIFESTYLE

TERKINI