KPK Ajukan Jawaban Atas Gugatan Hadi Poernomo Pekan Depan

Laban Laisila
KPK Ajukan Jawaban Atas Gugatan Hadi Poernomo Pekan Depan
Putusan Praperadilan Hadi Poernomo. [suara.com/Oke Atmaja]

Hakim PN Selatan sudah terima permohonan jawaban KPK atas PK gugatan Hadi Poernomo.

Suara.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengajukan replik, atau jawaban dalam sidang peninjauan kembali (PK) terhadap mantan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Hadi Poernomo yang akan dilaksanakan pekan depan.

Permohonan replik tersebut telah mendapat persetujuan dari Hakim Ketua I Ketut Tirta dalam sidang yang berlangsung di Ruang Utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Bila satu pekan kami akan pelajari dulu. Mudah-mudahan akan siap dalam satu pekan, jadi pekan depan akan dilanjutkan replik," ujar kuasa hukum KPK Anatomi Mulyawan saat ditemui di PN Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2015).

Sebelumnya, PN Jakarta Selatan telah mengabulkan gugatan praperadilan kepada mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tersebut.

Akan tetapi dalam sidang praperadilan yang dipimpin Hakim Haswandi tersebut dinilai oleh KPK telah melebihi apa yang diajukan oleh pemohon atau bersifat Ultra Petita.

Dalam putusannya, Hakim Haswandi memerintahkan KPK untuk menghentikan penyidikan kasus yang menjerat Hadi Poernomo, sedangkan KPK tidak memiliki wewenang untuk menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan.

Berdasarkan penilaian yang diberikan Hakim Haswandi, ia menjelaskan bahwa pembatalan penyidikan tersebut dilakukan demi hukum dan menilai penyelidik dan penyidik dalam kasus tersebut tidak sah.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS