Los Angeles 'Mengalah', Paris Tuan Rumah Olimpiade 2024

Rizki Nurmansyah
Los Angeles 'Mengalah', Paris Tuan Rumah Olimpiade 2024
Kota Paris terpilih jadi tuan rumah Olimpiade 2024. [AFP/Lionel Bonaventure]

Kedua kota sebelumnya berebut jadi penyelenggaran tuan rumah Olimpiade 2024.

Suara.com - Los Angeles setuju jadi tuan rumah Olimpiade 2028. Persetujuan ini diumumkan Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada, Senin (31/7/2017).

Keputusan Los Angeles menyelenggarakan multi event empat tahunan pada 2028, dengan demikian membuat kota Paris jadi tuan rumah Olimpiade 2024.

Sebelumnya, kedua kota berebut tempat penyelenggaraan Olimpiade 2024 setelah Tokyo yang akan diadakan pada tahun 2020 mendatang.

"IOC menyambut keputusan Komite Pencalonan Olimpiade dan Paralimpiade Los Angeles, dan kami dengan senang hati merilis kontrak kota Tuan rumah 2028 dengan cara yang transparan dan tepat waktu," kata Presiden IOC Thomas Bach dalam pernyataannya, dikutip dari Antara.

IOC mengatakan, pihaknya akan memberi kontribusi kepada panitia penyelenggara sebesar 1,8 miliar dolar AS.

Pada langkah untuk menunjuk dua tuan rumah Olimpiade di waktu yang sama setelah beberapa kota lain mengundurkan diri dari pencalonan.

Keputusan IOC membuyarkan sorotan kepada tantangan-tantangan keamanan untuk Paris, sambil memberi waktu yang cukup bagi Los Angeles untuk membenahi sistem transportasi publiknya.

"Ini adalah solusi terbaik bagi kedua kota," kata anggota senior IOC asal Kanada Dick Pound.

"Ini bagus untuk IOC karena kami memiliki dua kota hebat yang menunggu untuk dua pertunjukan besar selanjutnya," lanjutnya.

Los Angeles sebelumnya sudah pernah menjadi tuan rumah Olimpiade yakni pada tahun 1932 dan 1984.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS