Bicara UMKM, Jokowi Contohkan Kaesang Merintis Usaha Pisang

Agung Sandy Lesmana | Dwi Bowo Raharjo
Bicara UMKM, Jokowi Contohkan Kaesang Merintis Usaha Pisang
Presiden Jokowi berpidato di acara peluncuran program Bank Wakaf Mikro, Jatim (Suara.com/Dwi Bowo)

Menurutnya, Kaesang merintis usahanya itu berawal dari menyewa toko kecil.

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dilakukan masyarakat kecil bisa berkembang pesat kalau dilakukan dengan tekun dan baik. Terkait pernyataannya itu, Jokowi pun mencontohkan bisnis pisang nugat yang digeluti anak bungsunya, Kaesang Pangerep.

"Jangan berpikir kalau usaha-usaha seperti ini (jualan pisang goreng) enggak bisa berkembang. Bisa berkembang," ujar Jokowi di acara peluncuran program Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (18/12/2018).

Menurutnya, Kaesang merintis usahanya itu berawal dari menyewa toko kecil. Setelah usahanya sukses, lanjut Jokowi, anaknya kini sudah memiliki puluhan cabang di 54 kota di Indonesia.

"Anak saya itu jualan pisang goreng itu sudah di 54 kota. Pisang goreng, ya pisang goreng. Tokonya sewa kecil-kecil gitu," kata Jokowi.

Lewat usaha pisang goreng, kata dia Kaesang sudah bisa membiayai kuliahnya di Singapura dengan uangnya sendiri.

"Iya, Kaesang, kok tahu? Itu jualan pisang goreng. Ya nyatanya kuliahnya saya sudah enggak bayari lagi. Bisa bayar sendiri dari jualan pisang goreng. Ya Alhamdulillah, saya syukuri," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, usaha kecil sebenarnya tidak memulu dilakukan oleh ibu-ibu. Anak-anak muda, kata dia, bisa usaha dari bawah.

"Saya kira usaha-usaha seperti ini bukan hanya ibu-ibu, yang anak-anak muda pun juga bisa memulainya dengan cara pemasaran yang baik," lanjut Jokowi.

"Ini pekerjaan-pekerjaan mulia yang saya kira Bank Wakaf Mikro bisa menyuntik agar usaha-usaha kita berkembang bersama," Jokowi menambahkan.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS