'Dikira Prank', Curhatan Kocak Siswa SMA usai Jalani UNBK Matematika

Rendy Adrikni Sadikin | Chyntia Sami Bhayangkara
'Dikira Prank', Curhatan Kocak Siswa SMA usai Jalani UNBK Matematika
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMKN 29, Jakarta, Senin (2/4).

Para siswa memprotes soal matematika yang sulit, namun curahan hati mereka justru membuat yang membacanya tertawa

Suara.com - Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Madrasah Aliyah (MA) saat ini sedang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara serentak seluruh Indonesia. Para siswa pun mencurahkan isi hati kekesalan mereka usai mengerjakan soal mata pelajaran matematika yang dirasa sulit hingga membuat siapapun yang membacanya tertawa.

Pada Selasa (2/4/2019), para siswa SMA/MA dijadwalkan menjalani ujian mata pelajaran matematika. Ada salah satu soal yang dianggap oleh warganet sebagai soal tersulit, yakni membantu tokoh Zaky dan Safira dalam membuat password dengan menghitung peluangnya.

Sesaat setelah ujian berlangsung, akun resmi @Kemdikbud_ri di Instagram memberikan ucapan terima kasih lantaran telah membantu tokoh Zaky dan Safira. Unggahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini pun langsung dihujani curahan hati para siswa.

"#SahabatDikbud, ada pesan dari Zaky dan Safira nih. Tetap semangat, ya! Semoga ujian nasionalnya berjalan dengan baik dan lancar," tulis akun @kemdikbud_ri seperti dikutip Suara.com, Rabu (3/4/2019).

Banyak warganet yang masih duduk di bangku SMA usai menjalani ujian mengaku sangat khawatir lantaran soal yang dikerjakan sungguh sulit. Namun, curahan hati para siswa ini justru mengundang gelak tawa siapapun yang membacanya.

"Pak mohon maap ya, itu kenapa si Zaky yang bikin email sama password saya yang mikir ya? Suka-suka dia kek pak Ya Allah puyeng," kata @sintiazh.

"Ada sih beberapa soal yang sulit tadi, contohnya saya disuruh hitung batu bata untuk tukang yang buat gapura berbentuk segitiga kalau gak salah. Tukang yang kerja kok saya yang disuruh hitung?" ujar @andra_septiyan019.

"Pak apa-apaan ini soalnya, sampai teman perempuan saya pada nangis. Bapak tau kan kalau laki-laki sebagai penyebab perempuan menangis dosanya besar. Coba pikirkan pak, berapa perempuan yang nangis karena soal matematika bapak," ungkap @adelardaffa.

"Kayaknya yang bikin soal matematika ini si Ata Gledek ya pak, kok isinya prank semua?" cuit @efandis.ra.

"Mohon maaf pak, saya udah belajar matematika dari TK tapi kenapa pas UN keluarnya disuruh ngitung kapal laut. Mending saya jadi nelayan aja dari kecil," ungkap @ichal_faraidh.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS