Tutup Usia, Menteri Agama Era Gus Dur Tolchah Hasan Dimakamkan Usai Tarawih

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Tutup Usia, Menteri Agama Era Gus Dur Tolchah Hasan Dimakamkan Usai Tarawih
Menteri Agama era Gus Dur Tolchah Hasan (NU.or.id)

Rencananya, jasad Tolchah Hasan akan dikebumikan malam ini setelah selesai salat Tarawih di Komplek Pesantren Bungkuk Singosari.

Suara.com - Menteri Agama pada era kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yakni Tolchah Hasan meninggal dunia.

Tolchah Hasan meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit dr Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang pada Rabu (29/5/2019).

Kabar duka tersebut dibagikan oleh Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuqi Mustamar. Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu siang.

"Kiai Tolchah meninggal di Rumah Sakit di Malang," kata Marzuqi seperti dikutip dari Suara.com, Rabu (29/5/2019).

Kabar dukua tersebut dibenarkan oleh menantu Tolchah Hasan, Hardadi Airlangga. Rencananya, jasad Tolchah Hasan akan dikebumikan malam ini setelah selesai salat Tarawih di Komplek Pesantren Bungkuk Singosari.

"Di situ (kompleks makam) kan ada makam Kiai Masykur, lalu ibunya," ungkap Hardadi Airlangga.

Tolchah Hasan merupakan Menteri Agara era Gus Dur yang telah aktif di NU sejak muda. Pada Muktamar NU ke-33 tahun 2015, Tolchah Hasan menjadi salah satu kiai yang masuk dalam Ahlul Hali wal Aqdi dan pernah mengemban amanah sebagai Wakil Rais Aam PBNU mendampingi KH Sahal Mahfudh.

Sejak pertengahan Mei lalu, salah satu putri Tolchah Hasan mengabarkan sang ayah beberapa kali kerap keluar masuk ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS