Anies akan Berlakukan Tarif Parkir Jakarta Bervariasi, Ini Penjelasannya

Bangun Santoso | Fakhri Fuadi Muflih
Anies akan Berlakukan Tarif Parkir Jakarta Bervariasi, Ini Penjelasannya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Suara.com/Umay Saleh)

"Kita membuat Jakarta lebih bersih dan membuat Jakarta lebih banyak warga menggunakan kendaraan umum," kata Anies

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendorong pengunaan kendaraan yang ramah lingkungan bagi warga Ibu Kota. Salah satunya adalah dengan rencana membuat variasi pada tarif parkir.

Variasi harga parkir tersebut nantinya akan bergantung pada kendaraan yang dianggap ramah lingkungan atau tidak. Seperti kendaraan listrik dan yang sudah uji emisi.

"Jadi parkir itu nanti akan ada variasi harga. Anda lolos uji emisi atau tidak, Anda menggunakan listrik atau tidak," ujar Anies di Halte GBK, Selasa (13/8/2019).

Anies mengatakan, tujuan lain dari wacana itu adalah untuk mendorong penggunaan kendaraan umum. Namun ia belum menjelaskan lebih jauh mengenai proses pembuatan kebijakan itu.

"Kita membuat Jakarta lebih bersih dan membuat Jakarta lebih banyak warga menggunakan kendaraan umum," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan insentif kepada pengguna mobil listrik berupa parkir gratis. Saat diminta tanggapannya soal permintaan tersebut, Anies seolah tidak percaya Jokowi mengatakan hal tersebut.

Menurutnya kebijakan soal mobil listrik termasuk masalah parkir masih dalam pembahasan Pemprov DKI Jakarta. Ia akan memberikan hasil kajiannya setelah pembahasan selesai.

"Masa bilang gitu, kapan? Enggak. Gini, nanti kebijakan parkir jadi satu aja paparannya. Jadi enggak parsial-parsial," ujar Anies di Halte Busway GBK, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS