Pastikan Banjir di Mina Hoaks, Aa Gym Unggah Video Situasi Nafar Awal

Reza Gunadha | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Pastikan Banjir di Mina Hoaks, Aa Gym Unggah Video Situasi Nafar Awal
Ilustrasi haji dan umrah [shutterstock]

Aa Gym menyebut kabar banjir besar di Mina hoaks.

Suara.com - Pendakwah Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym menepis kabar banjir besar di Mina, Arab Saudi.

Ia menegaskan bahwa isu yang beredar tentang banjir di Mina dan disertai video itu tak benar adanya.

Aa Gym menyebut berita tersebut palsu alias hoaks. Dirinya juga mengunggah video situasi nafar awal di Mina, Selasa (13/8/2019).

Terlihat jemaah di kota tenda itu duduk tenang sambil membaca Alquran, dan tak tampak adanya keributan akibat bencana banjir di video dari Aa Gym.

"Sekarang sudah mendekati nafar tsani, jadi sepi. Ini makanan tersedia. Suasana sudah semakin sepi. Inilah suasana nafar, jadi tidak ada banjir, hoax yang menceritakan banjir, ya. Yang jelas ini sekarang semuanya baik-baik saja, tertib, aman," terang Aa Gym di videonya.

Cuitan Aa Gym - (Twitter/@aagym)
Cuitan Aa Gym - (Twitter/@aagym)

Belum lama ini beredar video banjir yang disebut-sebut terjadi di Mina saat ibadah haji.

Kepala Daerah Kerja Mekkah Kementerian Agama Subhan Cholid pun memberikan penjelasan melalui siaran langsung di Facebook Kementerian Agama RI.

"Kemarin memang terjadi hujan di kota Mekkah ini, termasuk di Mina. Hujan ini seperti setetes embun di tengah padang pasir yang diharapkan para jemaah dan memang sangat menyegarkan," kata Subhan Cholid.

Ia tak menampik bahwa ada genangan air, tapi tidak sampai membuat jemaah haji keluar tenda. Demi alasan keamanan, listrik juga sempat dimatikan.

"Kami menerima beberapa video terkait kondisi kota Mina sesungguhnya hanya terjadi genangan air saja, karena pada saat yang sama petugas kami dengan sigap melakukan antisipasi," ungkapnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS