Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Heboh Harga BBM Naik 30 Agustus 2019, Ternyata Hoaks

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Heboh Harga BBM Naik 30 Agustus 2019, Ternyata Hoaks
Pengendara motor mengisi BBM kendaraannya di SPBU Cikini, Jakarta, Kamis (31/3).

Pesan akan kenaikan harga BBM ramai beredar di media sosial seperti Facebook dan secara berantai di jejaring WhatsApp

Suara.com - Sejak beberapa hari terakhir beredar informasi di media sosial baik Facebook maupun berantai di jejaring WhatsApp yang menyebut harga BBM akan naik per pukul 24.00 WIB pada Jumat 30 Agustus 2019.

Dalam pesan yang beredar itu tertulis:

“*Sekilas info*
Malam ini jam 24:00 BBM naik :
Premium. Rp 9.500
Pertalite. Rp 11.000
Pertamax. Rp 14.000
Bio Solar. Rp 8.250
Dexlite. Rp 13.000
*mohon di sebar luaskan kepada temen atau family atau sahabat yang belum mengetahui…
Pastiin kalau hari ini naik .. semua mobil/motor di fullin aja”

Salah satu kabar akan kenaikan harga BBM melalui laman Facebook. (bidik layar Facebook/via turnbackhoax.id)
Salah satu kabar akan kenaikan harga BBM melalui laman Facebook. (bidik layar Facebook/via turnbackhoax.id)

Pesan itu menyebar luas, salah satunya di jejaring WhatsApp. Hal itu membuat sejumlah masyarakat bingung, tak sedikit yang percaya.

"Ini saya bingung dapat pesan di WA, informasinya BBM mau naik lagi," ujar Asep, salah seorang warga Tambun, Kabupaten Bekasi, Kamis (29/8/2019).

Penjelasan:

Dilansir dari kantor berita Antara, dalam keterangannya, PT Pertamina (Persero) emlalui VP Corporate Communication Pertamina, Fajriah Usmah menegaskan kabar yang beredar dan menyebut harga BBM akan naik per 30 Agustus 2019 adalah bohong alias hoaks.

Menurut dia, setiap kebijakan penyesuaian harga BBM akan diumumkan melalui website resmi Pertamina di situs www.pertamina.com.

Sebelumnya, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar subsidi tidak akan mengalami kenaikan sampai September 2019.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Djoko Siswanto mengatakan, pihaknya telah mengevaluasi harga premium dan solar subsidi untuk periode tiga bulan dari Juli 2019. Evaluasi harga premium dan solar subsidi dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 4 Tahun 2015.

“Menteri ESDM sudah keluarkan harga solar dan premium per 1 Juli, 3 bulan sekali (evaluasi),” kata Djoko, di Jakarta, Jumat (19/7).

Menurut Djoko, Menteri ESDM Ignasius Jonan telah memutuskan, harga premium dan solar subsidi tidak berubah untuk tiga bulan ke depan, sejak Juli sampai September 2019.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS