Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Kerusuhan di Papua, Benarkah Ada Masjid Dibakar?

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Kerusuhan di Papua, Benarkah Ada Masjid Dibakar?
Potongan atau capture pesan WhatsApp soal masjid di Papua dibakar. (Foto: Bidik layar WhatsApp / via Turnbackhoax.id)

Video yang memperlihatkan sebuah masjid yang sedang terbakar itu disebut-sebut ada di Papua

Suara.com - Insiden demonstrasi yang berakhir kerusuhan di Papua dan Papua Barat memantik banyak perhatian. Terlebih di media sosial, berseliweran berbagai kabar, baik foto maupun video yang disebut-sebut terkait kerusuhan di Papua. Salah satunya adalah adanya video yang memperlihatkan sebuah masjid sedang terbakar.

Video yang memperlihatkan masjid terbakar itu beredar melalui pesan berantai di WhatsApp. Video yang beredar itu diberi narasi: "Masjid di Papua dibakar".

Lantas, benarkah ada masjid di Papua dibakar saat kerusuhan terjadi?

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran dari media kolaborasi Cekfakta.com yang sebelumnya telah diperiksa faktanya di laman Turnbackhoax.id mengungkap sejumlah fakta termasuk hasil penelusuran dari beberapa media lain terkait unggahan video tersebut.

Dari hasil penelusuran itu, video masjid yang sedang terbakar yang dibagikan melalui pesan berantai di WhatsApp itu ternyata adalah Masjid Agung Belopa di Luwu, Sulawesi Selatan.

Cek fakta masjid di Papua dibakar, benarkah?. (Foto: Capture / via Turnbackhoax.id)
Cek fakta masjid di Papua dibakar, benarkah?. (Foto: Capture / via Turnbackhoax.id)

Hal itu sebagaimana diwartakan oleh Kompastv di laman Youtube pada 29 Januari 2019 dengan judul "Masjid Agung Belopa Terbakar, Petugas Pemadam Sulit Padamkan Api", videonya bisa dicek di sini.

Kejadian itu juga diwartakan di laman Kompas.com yang terbit pada tanggal 29 Januari 2019 pukul 19.57 WIB. Artikel lengkapnya bisa dibaca di sini.

Kesimpulan:

Sumber membagikan video peristiwa kebakaran Masjid Agung Belopa di Luwu, Sulawesi Selatan. Selain itu, sumber juga menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta, diduga untuk membangun premis pelintiran terkait dengan kondisi Papua yang baru saja dilanda kerusuhan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS