BJ Habibie saat Dirawat: Saya Bisa Gila, Harus Interaksi dengan Dunia Luar

Reza Gunadha | Ria Rizki Nirmala Sari
BJ Habibie saat Dirawat: Saya Bisa Gila, Harus Interaksi dengan Dunia Luar
Prosesi Pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata. (Suara.com/ Peter Rotti)

Rubi masih mengingat ketika mendiang Habibie memintanya untuk membawa ponsel dan laptop ke rumah sakit.

Suara.com - BJ Habibie Saat Dirawat: Saya Bisa Gila, Harus Interaksi Dunia Luar

Rubijanto, sekretaris pribadi BJ Habibie, menceritakan kenangannya kala Presiden ke-3 RI tersebut harus menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto.

Saat itu, kata dia, BJ Habibie tetap memboyong laptop dan ponselnya ke RSPAD Gatot Soebroto karena tidak terbiasa untuk tidak bekerja.

Karena kondisi kesehatannya menurun, Habibie harus menjalani perawatan insentif di rumah sakit sejak 1 September 2019. Kepada Rubi, Habibie menceritakan bahwa yang sakit hanyalah tubuhnya tetapi otaknya tidak.

"(Habibie) masih sangat bersemangat," kata Rubi di rumah duka mendiang Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) malam.

Rubi masih mengingat ketika mendiang Habibie memintanya untuk membawa ponsel dan laptop ke rumah sakit.

Sebab, kata dia, Habibie khawatir karena tidak terbiasa untuk menghabiskan waktu dengan tidak melakukan aktivitas seperti biasanya.

"Mendiang mengatakan 'Rubi, saya bisa gila nih karena saya harus berinteraksi dengan dunia luar, harus berinteraksi dunia luar', begitu," ujarnya.

Rubi lantas menirukan pernyataan Habibie tatkala dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, "Berapa WA masuk ke saya, harus dibalas dan harus saya jawab. Berapa email ke saya, saya harus buka dan saya harus jawab.”

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS