alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Sampul Tempo 'Novel Baswedan Penjual Rahasia Negara', Hoaks!

Bangun Santoso
CEK FAKTA: Sampul Tempo 'Novel Baswedan Penjual Rahasia Negara', Hoaks!
Perbandingan sampul Majalah Tempo yang asli dengan palsu. (Turnbackhoax.id)

Di judul sampul Majalah Tempo tertulis 'Novel Baswedan: Penjual Rahasia Negara ke Indonesia Leaks'.

Suara.com - Sebuah gambar sampul Majalah Tempo beredar secara berantai di jejaring WhatsApp, Kamis (19/9/2019). Dalam gambar yang beredar itu, tergambar sosol Novel Baswedan yang bagian matanya ditutup tangan.

Di sampul Majalah Tempo tertulis edisi 5-11 Agustus 2019 juga ditulis judul 'Novel Baswedan: Penjual Rahasia Negara ke Indonesia Leaks'.

Lantas, apakah gambar sampul Majalah Tempo yang beredar di jejaring WhatsApp itu benar adanya?

Penjelasan

Baca Juga: CEK FAKTA: Beredar Foto Proses Produksi Mobil Esemka, Ternyata...

Dari hasil penelusuran Turnbackhoax.id, jaringan kolaborasi Cekfakta.com, gambar Majalah Tempo tersebut adalah hasil suntingan atau editan. Judul yang asli adalah 'Novel Baswedan: Polisi Tahu Saya Akan Diserang', bukan berjudul 'Novel Baswedan: Penjual Rahasia Negara ke Indonesia Leaks'.

Perbandingan sampul Majalah Tempo yang asli dengan palsu. (Turnbackhoax.id)
Perbandingan sampul Majalah Tempo yang asli dengan palsu. (Turnbackhoax.id)

Di bagian sampul Majalah Tempo yang asli di bagian atas tertulis dua judul artikel yakni 'Pucuk Beringin Berebut Restu' dan 'Banjir Minyak di Pantai Karawang'. Sementara di gambar sampul Majalah Tempo yang telah diedit, dua judul artikel itu tidak ada.

Gambar sampul Majalah Tempo yang asli bisa dicek di sini.

Kesimpulan

Gambar sampul Majalah Tempo yang telah diedit dan dimanipulasi untuk menipu. Gambar sampul palsu tersebut sengaja dibagikan sehingga membangun premis yang salah.

Baca Juga: CEK FAKTA: Majalah Tempo Ubah Cover usai Heboh Karikatur 'Pinokio'?

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar