Wapres Maruf Yakin Ada Penerus Gus Dur dari Kalangan Santri

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari
Wapres Maruf Yakin Ada Penerus Gus Dur dari Kalangan Santri
Wakil Presiden Maruf Amin melangsungkan silahturahmi bersama para kyai dan santri asrama perguruan Islam, Magelang, Yogyakarta, Kamis (7/11/2019). (dok. setwapres).

Ia pun menyebutkan sosok Gus Dur yang merupakan lulusan dari asrama perguruan Islam sebagai contoh.

Suara.com - Wakil Presiden Maruf Amin melangsungkan silahturahmi bersama para kiai dan santri asrama perguruan Islam, Magelang, Yogyakarta, Kamis (7/11/2019).

Maruf mengatakan bahwa para santri dari perguruan Islam itu memiliki masa depan yang cerah bahkan seperti Presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid alias Gus Dur.

Dia mengungkapkan bahwa seorang santri memiliki masa depan yang cemerlang bahkan berpeluang menjadi seorang kepala daerah, menteri bahkan presiden.

Ia pun menyebutkan sosok Gus Dur yang merupakan lulusan dari asrama perguruan Islam sebagai contoh.

"Lah Gus dur itu kan santri, santri Tegalrejo lagi. Jadi kalau ada nanti santri Tegalrejo jadi presiden, itu hanya mengulang sejarah saja itu, insyaallah,"  kata Maruf seraya disambut tepuk tangan meriah dari audiens.

Untuk mewujudkan itu, Maruf mengatakan bahwa santri di zaman sekarang sudah harus bisa mahir dalam segala ilmu. Santri yang disebutnya sebagai santri digital itu mesti ikut terlibat dalam tantangan masa depan bangsa.

"Santri ini selain dipersiapkan menyiapkan untuk orang beragama tapi juga mempunyai ilmu ilmu khusus ekspert untuk bidang-bidang yang lain. Kesehatan kemudian juga punya rumah sakit lalu entrepreneur dan ekonominya," ujarnya.

Dengan begitu, Maruf yakin kalau santri di Indonesia bisa bersaing bukan hanya dalam skala nasional namun internasional. Berkaca dari dirinya yang juga memiliki latar belakang dunia pesantren yang kuat, ia yakin kalau santri di Indonesia bisa ikut terlibat dalam memajukan negara dan membuat harum nama Indonesia di kancah internasional.

"Kita bisa tampil di forum-forum kenegaraan, jadi wapres, presiden, kita optimis ke depan santri akan punya peran lebih besar di dalam negara Republik Indonesia," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS