Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Istri dan Wanita Simpanan Eks Dirut Garuda Berantem, Benarkah?

Reza Gunadha | Rifan Aditya
CEK FAKTA: Istri dan Wanita Simpanan Eks Dirut Garuda Berantem, Benarkah?
CEK FAKTA Istri dan Wanita Simpanan Dirut Garuda Bertikai (turnbackhoax.id)

Benarkah video itu terkait dengan kasus mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Ari Akshara?

Suara.com - Video yang memperlihatkan pertikaian dua wanita yang disebut-sebut sebagai istri sah dan perempuan simpanan mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Ari Akshara tersebar di media sosial.

Salah satu yang menyebarkan video ini adalah akun Instagram @eyang_begawan_sepuh._.88 dalam unggahannya pada Rabu (11/12/2019).

Unggahan tersebut ditambahi dengan narasi sebagai berikut:

"ci gundik kena sial nya dia di labrak sm bini sah ny ci raja lendir di salah satu Hotel Mewah d Jakarta. karena miara gundik ci raja lendir harus extra ngorupsi ny demi membahagia kn sang gundik mulai dr oplas, mempercantik diri d salon d luar negri, belanja tas tas branded dan sering jalan jalan k luar negri dsb. dan, pd akhr ny c raja lendir pn d PECAT dr Dirut Garuda karena ulah royal ny c gundik."

CEK FAKTA Istri dan Wanita Simpanan Dirut Garuda Bertikai (turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Istri dan Wanita Simpanan Dirut Garuda Bertikai (turnbackhoax.id)

Benarkah video pertikaian dua wanita itu merupakan istri sah dan perempuan simpanan Dirut Garuda?

Penjelasan

Hasil penelusuran turbackhoax.id, jaringan Suara.com, diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar.

Narasi unggahan, dengan peristiwa sebenarnya tidak memiliki hubungan atau sangkutan sama sekali.

Peristiwa dalam video sebenarnya merupakan pertikaian dua wanita di Hermes Hotel, Banda Aceh pada tahun 2018. Dugaan alasan pertikaian itu ialah kasus perselingkuhan.

Video pertikaian ini telah dikonfirmasi oleh Kapolsek Ulee Kareng Banda Aceh Ajun Komisaris Mawardi. Menurutnya,kejadian tersebut terjadi pada Minggu, 28 Januari 2018, sekira pukul 11.00 WIB.

Polisi setempat menyebut dua wanita yang bertikai bernama Kamariah (32) dan Maya (35).

Maya yang mendapat kabar suaminya berkencan dengan Kamariah di hotel langsung melabrak hingga terjadi pemukulan.

Pertikaian dua wanita di Hermes Hotel ini juga dimuat dalam pemberitaan berjudul “Kronologi Wanita Jambak Pelakor di Hotel Berbintang”.

Kesimpulan

Konten yang dibagikan oleh kun Instagram @eyang_begawan_sepuh._.88 termasuk ke dalam kategori False Connection atau Koneksi yang Salah. Sebab video dan narasi yang dibagikan tidak sesuai.

Peristiwa video sebenarnya tidak terkait dengan kasus mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Ari Akshara.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS