Keluarga Gubernur dan Sekda Riau Dilantik, Menpan RB: Jangan Ada KKN

Dwi Bowo Raharjo | Ria Rizki Nirmala Sari
Keluarga Gubernur dan Sekda Riau Dilantik, Menpan RB: Jangan Ada KKN
Tjahjo Kumolo. (Suara.com/Putu)

"Jadi jangan dilihat itu keluarga, yang penting memenuhi aturan."

Suara.com - Pelantikan sejumlah pejabat di Pemerintahan Provinsi Riau yang dilakukan baru-baru ini sempat ramai diperbincangkan. Pasalnya, pejabat-pejabat yang dilantik masih memiliki satu lingkaran keluarga Gubernur dan Sekretaris Daerah Riau.

Terkait itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengaku sudah mendapat laporan langsung dari Gubernur Riau Syamsuar.

"Kalau memang itu sudah sesuai mekanisme, dan pergantiannya sudah seizin Mendagri, kemudian dari KSN untuk bisa memilih, saya kira tak ada masalah," kata Tjahjo di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020).

"Jadi jangan dilihat itu keluarga, yang penting memenuhi aturan. Kepangkatan sudah memenuhi. Tesnya memenuhi," Tjahjo menambahkan.

Tjahjo kemudian menjelaskan dalam laporannya itu, Syamsuar menyampaikan secara menyeluruh terkait dengan pelantikan anggota keluarganga tersebut dan tidak melanggar aturan yang ada. Bahkan proses rekrutmennya pun melibatkan KemenpanRB.

Ketika itu, Tjahjo menyampaikan pesan kepada Syamsuar untuk tidak boleh ada korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) meskipun ada anggota keluarganya yang diangkat menjadi pejabat di lingkungan Pemprov Riau.

"Saya sampaikan jangan ada KKN, semua ikuti mekanisme dengan baik. Jenjangnya harus diikuti, kepangkatan jangan dikatrol, usia jangan yang mau pensiun lalu dinaikkan, sesuai aturan," kata Tjahjo.

Sebagaimana diketahui, pelantikan pejabat Eselon II, III, IV dan Fungsional Pemerintah Provinsi Riau dilaksanakan di Riau pada Selasa (7/1/2020). Dalam pelantikan itu, anggota keluarga Gubernur Riau Syamsuar dan Sekda Riau Yan Prana turut diangkat menjadi penjabat.

Sebut saja menantu Syamsuar, Tika Rahmi Syahfitri yang dilantik menjadi Kasubag Retribusi Bapenda Riau. Sementara itu kakak kandung Yan Prana yakni Prasurya Darma diangkat menjadi Sekretaris Dinas Sosial Riau. Bukan hanya kakak kandung, tetapi adik kandungnya yaitu Dedi Herman juga diangkat menjadi Kabid Operasi Satpol PP Riau

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS