Medvedev Mundur, Mikhail Mishustin Terpilih Jadi Perdana Menteri Rusia

Bangun Santoso
Medvedev Mundur, Mikhail Mishustin Terpilih Jadi Perdana Menteri Rusia
Perdana Menteri Rusia terpilih mikhail mishustin. (Foto: AFP)

Sebanyak 423 anggota parlemen mendukung Mishustin, 383 menolaknya, dan 40 lainnya abstain

Suara.com - Majelis Rendah Parlemen Rusia (Duma) memilih Mikhail Mishustin sebagai perdana menteri dalam pemungutan suara pada Kamis.

Sebanyak 423 anggota parlemen mendukung Mishustin, 383 menolaknya, dan 40 lainnya abstain.

Sehari sebelumnya, pada Rabu, Dmitry Medvedev mundur dari kursi perdana menteri setelah Presiden Vladimir Putin mengusulkan reformasi konstitusi.

Presiden kemudian menawari Mishustin, mantan kepala dinas pajak Rusia, untuk menggantikan Medvedev.

Usai pemilihan parlemen, Putin mengeluarkan dua dekrit yang mengumumkan Mishustin sebagai perdana menteri baru dan Medvedev sebagai wakil kepala Dewan Keamanan Rusia.

Putin mengusulkan untuk memberikan kewenangan yang lebih besar kepada Duma untuk mengangkat perdana menteri dan kabinet.

Dia juga menyarankan penambahan peran untuk badan penasihat yang disebut Dewan Negara. Dewan Negara yang saat ini diketuai oleh Putin, terdiri atas kepala daerah federal Rusia.

Perubahan lain yang diusulkan di antaranya membatasi supremasi hukum internasional, mengubah aturan yang membatasi presiden menjadi dua periode berturut-turut, dan memperkuat undang-undang yang melarang calon presiden yang memiliki kewarganegaraan asing atau izin tinggal asing.

Sumber: Anadolu

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS